Gunawan, Andy (2023) PENINGKATAN PENDAPATAN PT GARASI MUDA SEJAHTERA DENGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Andy Gunawan)
180609581_Bab 0.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
180609581_Bab 1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
180609581_Bab 2.pdf Download (518kB) | Preview |
|
Text
180609581_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
||
|
Text
180609581_Bab 4.pdf Download (423kB) | Preview |
|
Text
180609581_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text
180609581_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
180609581_Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
|
Text
180609581_Bab 7.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
180609581_Bab 9.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
180609581_Bab 8.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
PT Garasi Muda Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di industri otomotif pada bidang perawatan kendaraan salon mobil. Berdasarkan wawancara dengan stakeholders (pemilik, admin dan pekerja), diketahui bahwa dalam setiap bulannya, pendapatan tidak dapat mencapai titik impas pengeluaran karena tidak banyak konsumen yang memakai jasa detailing dan coating. Identifikasi yang dilakukan dengan interrelationship diagram menunjukkan bahwa lemahnya strategi pemasaran perusahaan menjadi akar masalah. Pemasaran sendiri dipengaruhi oleh beberapa variabel yang dapat perusahaan kendalikan seperti product, price, place dan promotion. Variabel-variabel tersebut akan dibandingkan sebagai alternatif solusi untuk menjawab tujuan penelitian agar dapat menarik konsumen datang dan meningkatkan pendapatan sampai setara Rp6.374.968. Hasil perbandingan menunjukkan promotion sebagai solusi terpilih dengan fokus perancangan promosi digital, kemudian akan dicari beberapa alternatif metode yang berdasarkan perbandingan terpilih SOSTAC (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions dan Control). Tahapan situation analaysis yang menganalisis situasi digital marketing perusahaan dilakukan dengan mempelajari pandangan dan penilaian masyarakat dengan menggunakan kuesioner; analisis terhadap kompetitor; slogan, visi, misi dan tujuan; saluran perusahaan; performa sosial media. Tahap pertama diakhiri dengan membangkitkan dan memprioritaskan strategi dengan SWOT-QSPM. Tahap objectives, strategy dan tactics berisi penentuan tujuan digital marketing dan cara mencapainya yang didapatkan dengan melakukan curah pendapat menggunakan pendekatan objectives 5S, STP dan Marketing Mix 4P. Tahap actions merupakan tahap implementasi rancangan digital marketing dengan membuat dan mengunggah konten menggunakan Canva & Instagram. Tahap control bertujuan untuk mengevaluasi hasil implementasi dengan mempelajari hasil implementasi, membandingkan dengan bulan sebelumnya, efektivitas dalam mencapai tujuan dengan menggunakan KPI (Key Performance Indicators), bersamaan dengan kondisi pendapatan dan usulan keberlanjutan. Hasil rancangan digital marketing yang dibuat adalah mempersiapkan sosial media dengan merapikan biografi akun dan pembuatan konten, terdapat 18 konten postingan, 31 story dan 1 highlight yang diunggah. Rancangan digital marketing yang diterapkan memberikan peningkatan performa mulai dari jumlah pengikut, engagement, insight dan pendapatan bulan Desember 2022. Pendapatan bulan Desember 2022 yang bernilai Rp7.600.000 berada diatas nilai titik impas perusahaan. Penelitian ini juga menghasilkan SOP dan sejumlah instrumen untuk membantu perusahaan mengimplementasikan digital marketing secara berkelanjutan seperti pembuatan rencana pemasaran digital, tabel status eksekusi dan mempelajari hasil performa digital marketing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan pendapatan, digital marketing, SOSTAC, salon mobil |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 18:03 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 18:03 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29106 |
Actions (login required)
View Item |