PEMBANGUNAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK PENJUALAN PRODUK KERAJINAN GERABAH (STUDI KASUS: DESA WISATA GERABAH KASONGAN DIY)

Cahyadi, Ruben (2023) PEMBANGUNAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEBSITE UNTUK PENJUALAN PRODUK KERAJINAN GERABAH (STUDI KASUS: DESA WISATA GERABAH KASONGAN DIY). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ruben Cahyadi)
170709550_Bab 0.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709550_Bab 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709550_Bab 2.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170709550_Bab 3.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
170709550_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
170709550_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170709550_Bab 6.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pada zaman sekarang sudah semakin maju dan membuat masyarakat konvensional semakin kesusahan untuk melakukan transaksi digital. Disusul dengan bencana pandemi Covid-19 yang mengakibatkan akses untuk melakukan transaksi konvensional menjadi tidak mudah. Seperti contohnya dari penjualan kerajinan gerabah di Desa Wisata Gerabah Kasongan, saat ini produk kerajinan gerabah belum dapat mencakup seluruh nusantara. Dengan kondisi tersebut maka rumusan masalah yang didapatkan pada penelitian ini yaitu bagaimana cara membangun sebuah sistem informasi untuk membantu penjualan produk kerajinan gerabah dan memudahkan transaksi serta pembelian produk secara daring untuk para pelaku usaha kerajinan gerabah Desa Wisata Gerabah Kasongan. Pada penelitian ini, untuk mengatasi rumusan masalah yang telah didapatkan tersebut, teknologi informasi diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan di atas. Untuk mewujudkan sebuah solusi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, pada penelitian ini membahas tentang pembangunan sebuah sistem informasi e-commerce yang dapat mendukung penjualan serta pemasaran produk kerajinan gerabah melalui kegiatan perniagaan atau transaksi secara digital. Untuk mendukung pembangunan sistem informasi tersebut, maka diimplementasikan sebuah konsep pengembangan yaitu konsep MERN Stack serta menggunakan beberapa metode pengembangan diantaranya yaitu metode studi pustaka, metode analisis sistem, metode perancangan, metode koding dan metode pengujian. Sistem informasi e-commerce yang dibangun pada penelitian ini diberi nama ClayPro yang dibangun dengan menerapkan konsep MERN Stack yaitu menggunakan MongoDB sebagai basis data sistem, Express JS sebagai back-end web framework, React JS sebagai front-end dan Node JS sebagai back-end runtime environment. Sistem informasi ClayPro yang dibangun dapat membantu para pemilik usaha atau pengrajin kerajinan gerabah di Desa Wisata Gerabah Kasongan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dalam melakukan penjualan produk kerajinan gerabah mereka secara daring melewati aplikasi e-Commerce berbasis website

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kasongan, E-commerce, Gerabah, MERN, website
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 09 Jun 2023 18:13
Last Modified: 09 Jun 2023 18:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29119

Actions (login required)

View Item View Item