KONVERGENSI MEDIA DI ERA DIGITALISASI PENYIARAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Media)

MUKTI, DANIEL KALIS JATI (2023) KONVERGENSI MEDIA DI ERA DIGITALISASI PENYIARAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Media). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DANIEL KALIS JATI MUKTI)
190907097 0.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907097 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907097 2.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
190907097 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190907097 4.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konvergensi media pada Radio Republik Indonesia dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi penyiaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Pusat Pemberitaan dan Tenaga Ahli Penyiaran Radio Republik Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Data yang didapat lalu dianalisis menggunakan Model Interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RRI telah melakukan praktik multiplatform dengan menggabungkan media konvensional (radio terestrial) dengan media digital (radio digital, situs web, aplikasi, dan media sosial). Berbagai platform ini terkonvergensi pada situs web rri.co.id dan aplikasi RRI Play Go. Pengguna dapat mengakses semua platform RRI lewat dua platform tersebut. RRI juga telah mencapai tahap paling akhir dalam konvergensi kontinum, ditandai dengan konvergensi penuh dalam proses perencanaan, pelaporan, pembuatan, hingga penyebaran berita. Konvergensi ini menjadi salah satu cara RRI beradaptasi dalam era digitalisasi penyiaran, meski tidak bersaing secara langsung dengan media lain karena posisi RRI sebagai satu-satunya Lembaga Penyiaran Publik bidang radio di Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konvergensi media, multiplatform, lembaga penyiaran publik
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 30 Jun 2023 20:36
Last Modified: 30 Jun 2023 20:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item