PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PRODUK YANG TIDAK SESUAI DENGAN INFORMASI DI APLIKASI ONLINE FOOD DELIVERY (STUDI KASUS PEMESANAN MAKANAN/MINUMAN PADA GO-FOOD)

Sekartaji, Raden Roro Ayesha Lintang (2023) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PRODUK YANG TIDAK SESUAI DENGAN INFORMASI DI APLIKASI ONLINE FOOD DELIVERY (STUDI KASUS PEMESANAN MAKANAN/MINUMAN PADA GO-FOOD). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Raden Roro Ayesha Lintang Sekartaji)
190513526_Bab 0.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513526_Bab 1.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
190513526_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
190513526_Bab 3.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui bentuk pertanggungjawaban PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dalam hal pesanan makanan/minuman tidak sesuai dengan informasi yang disediakan oleh mitra usaha (merchant) pada layanan Go-Food. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian hukum normatif yang dilakukan dan berfokus pada norma hukum positif berupa beberapa peraturan perundang-undangan dan juga dikaitkan dengan informasi yang didapatkan langsung dari website resmi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) guna memperoleh data mengenai bentuk pertanggungjawaban berkaitan dengan ketidaksesuaian antara informasi dengan makanan/minuman pada layanan Go-Food yang terjadi kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pertanggungjawaban PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dalam hal pesanan makanan/minuman tidak sesuai dengan informasi dilaksanakan dengan cara penyediaan fasilitas layanan pengaduan bagi konsumen dengan cara mengirimkan bukti riwayat pesanan dengan makanan/minuman yang diterima. Jika terverifikasi oleh Tim Gojek mengenai adanya ketidaksesuaian antara makanan/minuman dengan informasi yang ada pada layanan Go-Food, konsumen akan mendapatkan ganti rugi berupa pengembalian jumlah uang yang dibayar melalui saldo Go-Pay yang terhubung di aplikasi Gojek (atau mengembalikan limit Go-Pay Later kepada konsumen (sebagaimana berlaku)), dan juga disediakan fasilitas untuk berkomunikasi langsung dengan merchant untuk memberikan penggantian atas produk makanan/minuman yang telah dibeli, atau melakukan tindakan lainnya yang dianggap perlu oleh Gojek, dengan prosedur yang ditentukan sepenuhnya oleh Gojek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, Makanan/Minuman, Informasi, Go-Food
Subjects: Ilmu Hukum > Ekonomi Bisnis
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Jul 2023 17:07
Last Modified: 03 Jul 2023 17:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29215

Actions (login required)

View Item View Item