ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : DI RUAS JALAN RING ROAD SELATAN YOGYAKARTA)

Santoso, Bangkit Hadi Jaya (2021) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS : DI RUAS JALAN RING ROAD SELATAN YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bangkit Hadi Jaya Santoso)
160216516_Bab 0.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216516_Bab 1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216516_Bab 2.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
160216516_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
160216516_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
160216516_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160216516_Bab 6.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan volume kendaraan dan wisatawan yang ada di Kota Yogyakarta dapat mempengaruhi kondisi lalu lintas. Ring Road Selatan Yogyakarta menjadi salah satu jalan alternatif untuk masuk ke kota Yogyakarta maupun menghindari kemacetan Yogyakarta saat pergi ke tempat wisata. Kecelakaan di Ring Road Selatan Yogyakarta tercatat kedua tertinggi tahun 2019 sehingga perlu diketahui penyebab dan lokasi blacklink serta fasilitas pelengkap di jalan tersebut. Data penelitian yang digunakan yaitu tahun 2017 sampai 2019. Data primer yang digunakan adalah fasilitas pelengkap jalan di lokasi blacklink. Data sekunder yang digunakan adalah data kecelakaan lalu lintas tahun 2017-2019 dari Ditlantas Polda DIY, volume kendaraan tahun 2017-2019 dari Satker Pelaksanaan Jalan Nasional DIY Kementrian PUPR RI, dan panjang segmen jalan dari google maps. Metode yang digunakan untuk menentukan daerah rawan kecelakaan (blacklink) yaitu metode Upper Control Limit dan Batas Kontrol Atas. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa lokasi blacklink, terdapat di ruas Jalan Ring Road Selatan dari Indomaret Tamantirto sampai Simpang Empat Kasihan. Penyebab paling tinggi disebabkan faktor manusia dengan kecelakan banyak terjadi pada pukul 14:00-18:00 WIB. Alternatif yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat kecelakaan dengan memasang rambu larangan mendahului pada area tersebut karena kecelakaan yang terjadi paling banyak saat pengendara ingin mendahului pengendara lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Blacklink, Kelengkapan, Upper Control Limit, Batas Kontrol Atas
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Aug 2023 18:08
Last Modified: 03 Aug 2023 18:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29372

Actions (login required)

View Item View Item