PROBLEMATIKA PENERAPAN PRINSIP PEMBERITAHUAN AKTIVITAS DAN KEGAGALAN PELINDUNGAN DATA PRIBADI PADA PEMROSESAN DATA PRIBADI DI PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO)

Lestari, Luh Putu Indah (2023) PROBLEMATIKA PENERAPAN PRINSIP PEMBERITAHUAN AKTIVITAS DAN KEGAGALAN PELINDUNGAN DATA PRIBADI PADA PEMROSESAN DATA PRIBADI DI PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Luh Putu Indah Lestari)
190513366 0.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190513366 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
190513366 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
190513366 3.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penggunaan internet yang semakin pesat dan masif di perusahaan juga digunakan oleh PT PLN (Persero) dengan menciptakan aplikasi atau platform pelayanan publik. Fitur dan Aplikasi PLN Mobile ini didalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi mengalami problematik yaitu apakah dapat melanggar prinsipprinsip pemrosesan data pribadi. Salah satu prinsipnya itu merupakan prinsip Pemberitahuan Tujuan, Aktivitas dan Kegagalan PDP pada Pemrosesan Data Pribadi. Fokus dari penelitian ini adalah akan menganalisis tentang problem yang ada dalam penerapan prinsip Pemberitahuan Tujuan, Aktivitas dan Kegagalan PDP pada Pemrosesan Data Pribadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip Pemberitahuan tujuan, aktivitas dan kegagalan Pelindungan Data Pribadi pada pemrosesan data pribadi di PT PLN (persero). Melalui pendekatan penelitian yaitu penelitian hukum normatif dapat ditemukan satu kesimpulan penelitian yaitu bahwa penerapan prinsip pemberitahuan tujuan, aktivitas dan kegagalan PDP pada pemrosesan data pribadi belum dilaksanakan secara menyeluruh oleh pihak PT PLN. Perusahaan hanya menempatkan pemberitahuan di awal sebelum pengguna memberikan data pribadinya. Penerapan prinsip pemberitahuan kegagalan PDP belum sepenuhnya dilaksanakan terlebih dengan adanya kendala dimana masih dalam proses penyesuaian regulasi dalam pedoman pelaksanaan internal perusahaan. Solusi yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) adalah dengan memberikan penyampaian pentingnya pelindungan data pribadi baik kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan dan memproses penyusunan regulasi perusahaan agar secepatnya dilaksanakan sehingga dapat sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Prinsip Pemberitahuan Aktivitas dan Kegagalan, Pelindungan Data Pribadi, Perlindungan Hukum
Subjects: Ilmu Hukum > Ekonomi Bisnis
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 11 Aug 2023 17:31
Last Modified: 11 Aug 2023 17:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item