PROSES SELF-DISCLOSURE WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH KEPADA TEMAN

SASTROSUMARTO, MARIA ANCILIA WIDYANINGTYAS (2023) PROSES SELF-DISCLOSURE WANITA HAMIL DI LUAR NIKAH KEPADA TEMAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MARIA ANCILIA WIDYANINGTYAS SASTROSUMARTO)
19 09 06 902 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 09 06 902 1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 09 06 902 2.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
19 09 06 902 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
19 09 06 902 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehamilan di luar nikah dianggap sebagai aib yang harus ditutupi sehingga muncul ketakutan dan rasa bersalah dalam diri wanita yang hamil di luar nikah. Untuk bisa menerima dirinya dan kehamilannya wanita yang hamil di luar nikah perlu melakukan self-disclosure kepada orang terdekatnya, salah satunya teman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pengungkapan (self-disclosure) mengenai informasi kehamilan yang dilakukan oleh wanita yang hamil di luar nikah kepada teman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi yang mengkaji mengenai makna dalam fenomena yang dialami oleh seorang seseorang. Teori yang digunakan adalah Komunikasi Interpersonal dengan fokus pada konsep Penetrasi Sosial dan Self-Disclosure. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 3 informan juga didukung dengan wawancara triangulasi dengan 3 teman informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan mengenai kehamilan dilakukan kepada teman atas dasar kepercayaan dan hubungan keduanya telah berada pada Tahap Pertukaran Stabil. Proses self-disclosure yang dilakukan salah seorang wanita yang hamil di luar nikah melewati keempat level kedalaman informasi dalam self-disclosure yaitu Klise, Opini, Fakta, dan Perasaan. Sebelum membicarakan mengenai kehamilannya, wanita tersebut membicarakan mengenai kegiatan sehari-hari karena rasa takut yang besar untuk menceritakan mengenai kehamilannya. Sedangkan dua orang wanita lainnya melewati tiga level kedalaman informasi yaitu Opini, Fakta, dan Perasaan. Dua orang wanita ini langsung menceritakan mengenai kehamilannya kepada temannya. Hal ini dilatarbelakangi oleh perasaan, keyakinan, dan rasa tanggung jawab masing-masing individu. Setelah melewati proses self-disclosure, wanita yang hamil di luar nikah memiliki hubungan yang semakin akrab dengan temannya, memperlihatkan kepercayaan satu sama lain, semakin mudah menerima diri dan semakin mudah mengambil keputusan mengenai kehamilannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Wanita Hamil di Luar Nikah, Komunikasi Interpersonal, Penetrasi Sosial, Proses Self-Disclosure, Level Kedalaman Informasi Self-Disclosure.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 22 Aug 2023 18:26
Last Modified: 22 Aug 2023 18:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29544

Actions (login required)

View Item View Item