AKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS JATIM PARK 2 PADA MASA PANDEMI COVID-19

PARASMAYA, ADELIA (2023) AKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS JATIM PARK 2 PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ADELIA PARASMAYA)
160905863 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905863 1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905863 2.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
160905863 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
160905863 4.pdf

Download (743kB) | Preview

Abstract

Pada masa Pandemi COVID-19, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang sering kali berubah mengikuti situasi terkini seperti PSBB, New Normal, dan PPKM Darurat hingga level dengan membatasi interaksi antar manusia, sehingga dapat menanggulangi penyebaran Virus COVID-19. Situasi yang tidak mudah ini, membuat Jatim Park 2 yang merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Batu, Jawa Timur harus beradaptasi dan berinovasi dalam melakukan aktivitas yang mampu mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui kesan positif dan identitas perusahaan atau produk selama masa Pandemi COVID-19. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana Jatim Park 2 menjalankan aktivitas Marketing Public Relations selama masa Pandemi COVID-19 agar mampu meningkatkan penjualan dan memperkuat eksistensinya dibenak masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan dokumen resmi perusahaan, media sosial, dan website. Wawancara dilakukan sebanyak dua kali agar semakin data diperoleh secara mendalam dan lengkap. Berdasarkan hasil penelitian, Jatim Park 2 hanya menjalankan tiga enam aktivitas Marketing Public Relations selama masa Pandemi COVID-19. Aktivitas tersebut terdiri atas publikasi, events, dan media identitas. Publikasi dan media identitas yang dilakukan melalui media sosial, berkontribusi dalam menjangkau khalayak luas tanpa terbatas ruang dan waktu. Penyelenggaraan events berkontribusi dalam mempertemukan dan menciptakan interaksi secara langsung antara penjual, pembeli, dan produk yang dimiliki Jatim Park 2, sehingga mampu memperluas pasar yang belum terjangkau melalui media sosial. Ketiga aktivitas tersebut mampu memperkuat eksistensi dan mendukung penjualan Jatim Park 2 selama masa Pandemi COVID-19, sehingga Jatim Park 2 memperoleh peningkatan jumlah pengunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, New Media, Pandemi COVID-19.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 22 Aug 2023 21:16
Last Modified: 22 Aug 2023 21:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item