PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI PELAKU USAHA GERABAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WISATA KASONGAN YOGYAKARTA

Eugene, Bernardinus Realino Scholastica (2023) PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI PELAKU USAHA GERABAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WISATA KASONGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bernardinus Realino Scholastica Eugene)
160322527 0.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160322527 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160322527 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
160322527 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
160322527 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img]
Preview
Text
160322527 5.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan metode pemasaran secara digital terhadap kesejahteraan ekonomi para pengusaha gerabah kasongan pada masa pandemi Covid-19. Objek penelitian ini adalah pengusaha gerabah tanah liat di kawasan sentra industry gerabah Desa Wisata Kasongan. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada produsen dan pemilik usaha gerabah. Metode analisa data yang digunakan adalah metode yang sesuai dengan penelitian ini yaitu bersifat deskriptif. Sementara, teknik analisis data yang digunakan dalam pengolahan data pada penelitian ini adalah teknik Analisa SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemilik usaha gerabah hanya menggunakan bentuk promosi mouth to mouth dikarenakan kurangnya wawasan dalam bidang social media marketing atau pemasaran secara online. Meskipun demikian, pada masa pandemi COVID-19 memberikan dampak ekonomi yang signifikan melalui penjualan langsung dan media whatsapp sebagai alat perantara transaksi jual beli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Kesejahteraan Ekonomi, Desa Wisata Kasongan, Gerabah, Pemasaran Sosial Media
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 29 Aug 2023 19:43
Last Modified: 29 Aug 2023 19:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29644

Actions (login required)

View Item View Item