MOTIVASI DAN KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER DI MASA PANDEMI COVID-19

Nareswara, Olga Paksindra (2023) MOTIVASI DAN KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Olga Paksindra Nareswara)
160905922 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905922 1.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905922 2.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
160905922 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
160905922 4.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi COVID-19 adalah meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sarana berinteraksi dan mencari informasi. Hasil survei yang dilakukan juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia hingga bulan Januari 2021, salah satunya Twitter. Berdasarkan demografi pengguna Twitter di Indonesia, penelitian ini difokuskan pada mahasiswa, secara spesifik mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang rentang usia dan tingkat pendidikannya merupakan representasi dari pengguna mayoritas platform Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan kepuasan mahasiswa yang berkuliah di DIY dalam menggunakan media sosial Twitter di masa pandemi COVID-19, serta mengetahui kesenjangan yang terjadi antara motivasi (gratification sought/GS) dengan kepuasan (gratification obtained/GO) mahasiswa yang berkuliah di DIY dalam menggunakan sosial Twitter di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang telah diperoleh dari survei dianalisis untuk menggambarkan bagaimana tingkat motivasi dan kepuasan mahasiswa dalam menggunakan media sosial Twitter di masa pandemi COVID-19. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa responden tidak merasa puas dengan informasi yang disampaikan pengguna media sosial twitter di masa pandemi COVID-19. Hasil tersebut berarti bahwa informasi yang disampaikan dalam media sosial Twitter belum sepenuhnya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, banyak pengguna Twitter sebatas media untuk mencari hiburan dan kesibukan ketika senggang, bukan sepenuhnya untuk mencari informasi terkait pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Motivasi, Kepuasan, Media sosial, Twitter
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 29 Aug 2023 20:09
Last Modified: 29 Aug 2023 20:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29645

Actions (login required)

View Item View Item