PENGALAMAN SIMULASI KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI MENGGUNAKAN SIMULATOR FOR EARTHQUAKE PREPAREDNESS BERBASIS VIRTUAL REALITY (Studi Fenomenologi Terhadap Pelajar di SMA Stella Duce Bambanglipuro)

LARASATI, BRIGITA AYU (2023) PENGALAMAN SIMULASI KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI MENGGUNAKAN SIMULATOR FOR EARTHQUAKE PREPAREDNESS BERBASIS VIRTUAL REALITY (Studi Fenomenologi Terhadap Pelajar di SMA Stella Duce Bambanglipuro). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BRIGITA AYU LARASATI)
160905946 0.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905946 1.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905946 2.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text
160905946 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
160905946 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami bencana alam salah satunya adalah gempa bumi. BMKG mencatat lebih dari 11.573 kali terjadi gempa bumi dengan magnitude dan kedalaman yang bervariasi di tahun 2019. Data dari BNPB, kerusakan unit atau bangunan pendidikan masih relatif lebih tinggi dibandingkan unit fasilitas lainnya. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) juga menilai bahwa tingkat kesiapsiagaan bencana di Indonesia masih rendah. Pendidikan kesiapsiagaan bencana menjadi penting untuk dilakukan. Pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan menggunakan media. Dalam penelitian ini media yang dimaskud adalah virtual reality yaitu bentuk media baru dalam media massa. Penelitian dengan judul “Pengalaman Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Menggunakan Simulator for Earthquake Preparedness Berbasis Virtual Reality (Studi Fenomenologi Terhadap Pelajar di SMA Stella Duce Bambanglipuro)”, memiliki rumusan masalah bagaimana pengalaman simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi menggunakan simulator for earthquake preparedness berbasis virtual reality para pelajar di SMA Stella Duce Bambanglipuro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengalaman para pelajar di SMA Stella Duce Bambanglipuro ketika menggunakan simulator kesiapsiagaan gempa bumi. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi dengan metode wawancara mendalam dalam pengumpulan data penelitian. Wawancara dilakukan secara langsung dan terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif karena menganalisis sebuah pengalaman. Hasil dari penelitian ini adalah para informan memiliki pengalaman yang menarik terkait dengan kesiapsiagaan bencana gempa bumi setelah memakai simulator for earthquake preparedness berbasis virtual reality. Simulator ini dinilai dapat menjadi media alternatif dan efektif untuk edukasi atau pelatihan kesiapsiagaan bencana gempa bumi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, simulator for earthquake preparedness, kesiapsiagaan bencana gempa bumi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 29 Aug 2023 20:32
Last Modified: 29 Aug 2023 20:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29646

Actions (login required)

View Item View Item