AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND SKINCARE LOKAL SKINOURU MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif pada akun Instagram @skinouru.official)

NARESWARI, MARIA YOSEPHA DIAH (2023) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND SKINCARE LOKAL SKINOURU MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif pada akun Instagram @skinouru.official). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MARIA YOSEPHA DIAH NARESWARI)
160905988 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905988 1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905988 2.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
160905988 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160905988 4.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh brand skincare lokal SKINOURU melalui akun Instagram @skinouru.official. SKINOURU merupakan brand skincare lokal asal Yogyakarta dengan focus tujuan untuk memberikan edukasi terhadap penggunaan skincare sehingga konsumennya dapat membina hubungan jangka panjang dengan kulitnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Pemasaran dan Social Media Marketing. Objek dalam penelitian ini adalah segala aktivitas komunikasi pemasaran pada brand skincare lokal SKINOURU yang dilakukan melalui akun Instagram @skinouru.offivial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Digital Marketing Specialist dan Content Creator dari SKINOURU serta dokumentasi pada akun Instagram @skinouru.official. Data yang telah ditemukan oleh peneliti divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber dengan cara mengumpulkan data sejenis dan memanfaatkan sumber data yang berbeda. Hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh SKINOURU melalui bauran komunikasi pemasaran di Instagram dapat mewujudkan tujuan dari Social Media Marketing melalui penggunaan Instagram Ads, penyebaran informasi terkait program promosi rutin yang dilakukan SKINOURU melalui Instagram Story dan interaksi antara brand dan konsumen melalui fitur Q&A Box pada Instagram Story. Berikutnya dimensi credibility ditunjukkan melalui aktivitas penggunaan KOL dalam masa promosi dan menyebarluaskan ulasan produk dari konsumen melalui Instagram Story. SKINOURU juga memanfaatkan konsep context dari konsep 4C melalui penggunaan Bahasa yang sederhana dalam penulisan caption agar informasi yang akan disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh audiens.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Komunikasi Pemasaran, Social Media Marketing, Brand Skincare Lokal, Instagram, SKINOURU
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 30 Aug 2023 17:34
Last Modified: 30 Aug 2023 17:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item