KOMUNIKASI MASSAPERSONAL DALAM FANDOM BRIGHTS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TWITTER (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Massapersonal pada Hubungan Parasosial dalam Fandom Brights)

PRAMESTI, R.A ANDARIESTA PUTRI (2023) KOMUNIKASI MASSAPERSONAL DALAM FANDOM BRIGHTS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TWITTER (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Massapersonal pada Hubungan Parasosial dalam Fandom Brights). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (R.A ANDARIESTA PUTRI PRAMESTI)
160906041 0.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906041 1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906041 2.pdf

Download (709kB) | Preview
[img] Text
160906041 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
160906041 4.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Kemunculan media sosial memungkinkan individu membentuk hubungan pertemanan dengan orang yang belum dikenal sebelumnya di dunia maya. Fitur mengikuti akun selebriti semakin memperpendek jarak antara penggemar dan selebriti yang mereka kagumi. Melalui platform media sosial, pengguna merasa dekat dengan selebriti dan membentuk hubungan parasosial. Selebriti masa kini juga membagikan aktivitas personal di media sosial, menjadikan mereka "teman" pengikut mereka. Penelitian ini menggali bagaimana komunikasi massapersonal membangun dan memperkuat hubungan parasosial antara selebriti Bright Vachirawit Chivaaree dan penggemar dalam fandom "Brights". Metode deskriptif kualitatif dengan wawancara digunakan, dan lima narasumber dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi massapersonal menjadi faktor utama dalam membangun hubungan parasosial pada era saat ini. Hubungan ini mendorong dukungan aktif dan keterlibatan penggemar dalam kehidupan Bright Vachirawit Chivaaree, serta berdampak signifikan pada kesehatan, hubungan sosial, penyelesaian masalah, dan kesejahteraan penggemar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi massapersonal, hubungan parasosial, media sosial, Bright Vachirawit Chivaaree, Brights, selebriti, fandom
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 30 Aug 2023 18:51
Last Modified: 30 Aug 2023 18:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29663

Actions (login required)

View Item View Item