MANAJEMEN IMPRESI PENYANDANG DIFABEL DAKSA DALAM UPAYA MEMENUHI EKSPEKTASI MASYARAKAT DI LINGKUNGAN KERJA DAN TEMPAT TINGGAL

SALVATOR, YOHANES ROBERTO (2023) MANAJEMEN IMPRESI PENYANDANG DIFABEL DAKSA DALAM UPAYA MEMENUHI EKSPEKTASI MASYARAKAT DI LINGKUNGAN KERJA DAN TEMPAT TINGGAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YOHANES ROBERTO SALVATOR)
170906353 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906353 1.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906353 2.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
170906353 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img]
Preview
Text
170906353 4.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia berbeda antara satu dengan yang lain. Terlebih lagi bahwa manusia terlahir dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Melalui keadaan demikian, setiap manusia akan bertemu situasi untuk berhadapan dengan lingkungan masyarakat di sekitarnya. Interaksi dengan lingkungan sekitarnya merupakan sebuah perwujudan dari eksistensi manusia yang disebut sebagai makhluk sosial karena tidak dapat hidup tanpa lingkungan masyarakat di sekitarnya. Pentingnya manusia untuk memiliki penilaian positif dari masyarakat merupakan sebuah langkah awal agar bisa diterima dalam sebuah kelompok yang lebih luas di sebuah masyarakat serta menjadi penanda dari seorang manusia dengan manusia lainnya. Didorong dari sifat Manusia yang cenderung memberikan penilaian terhadap sesamanya, penting bagi seseorang untuk bisa menyampaikan pesan-pesan yang tepat guna menampilkan dirinya dalam lingkungan masyarakat yang ditargetkannya. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan Manajemen Impresi / Pengelolaan Kesan. Penelitian ini akan didasarkan pada Teori Manajemen Impresi dengan konsep Dramaturgi seperti yang dijabarkan oleh Erving Goffman, yang terdiri atas Performance dan Front Stage. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan wawancara dan studi dokumen sebagai pengumpulan data. Terdapat 3 (tiga) narasumber dalam penelitian ini yang berasal dari kelompok penyandang difabel daksa, yaitu seorang barista, seorang resepsionis, dan seorang staff lembaga kemanusiaan. Ketiga narasumber berperan untuk menjadi bahan pemaparan bagaimana Manajemen Impresi khususnya di kalangan penyandang difabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap narasumber melakukan Manajemen Impresi baik disadari maupun tidak disadari, serta menerapkan Front Stage seperti yang dipaparkan oleh Erving Goffman yaitu Setting, Appearance dan Manner.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Impresi, Front Stage, Penyandang Difabel Daksa
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Sep 2023 19:43
Last Modified: 07 Sep 2023 19:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29803

Actions (login required)

View Item View Item