PENGARUH NILAI YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP EWOM PADA PRODUK MINUMAN CHATIME DENGAN LOYALITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Aidi, . (2023) PENGARUH NILAI YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP EWOM PADA PRODUK MINUMAN CHATIME DENGAN LOYALITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aidi)
215026579_Bab 0.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215026579_Bab 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215026579_Bab 2.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text
215026579_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
215026579_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
215026579_Bab 5.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak buruk bagi banyak bisnis diseluruh dunia. Namun tidak pada produk minuman Chatime yang terbukti pada tahun 2020- 2022 menjadi minuman yang paling digemari di Indonesia. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk melihat persepsi nilai apa yang bisa memengaruhi loyalitas merek chatime. Dimana nilai yang dipersepsikan yang terdiri dari nilai kualitatif, nilai emosional, nilai ekonomi, dan nilai sosial memengaruhi EWOM. Serta loyalitas merek sebagai variabel yang memediasi antara nilai yang dipersepsikan dan EWOM. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square- Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan jumlah sampel 200 responden yang merupakan konsumen produk minuman Chatime dan berdomisili di Yogyakarta. Responden tersebut dipilih berdasarkan kriteria tertentu yaitu responden yang pernah mengonsumsi produk minuman Chatime dan pernah membicarakan/mereview produk minuman Chatime di media online atau pernah membaca review produk minuman Chatime di media online. Uji hipotesis yang menunjukkan pengaruh positif dan signifikan adalah nilai emosional terhadap loyalitas merek, nilai sosial terhadap loyalitas merek, loyalitas merek terhadap EWOM, dan nilai sosial terhadap EWOM. Selanjutnya uji hipotesis yang menunjukkan pengaruh tidak signifikan adalah nilai kualitatif terhadap loyalitas merek, nilai ekonomi terhadap loyalitas merek, nilai kualitatif terhadap EWOM, nilai emosional terhadap EWOM, dan nilai ekonomi terhadap EWOM. Adapun loyalitas merek memediasi pengaruh nilai emosional terhadap EWOM, loyalitas merek memediasi pengaruh nilai sosial terhadap EWOM dengan kategori “Mediasi komplementer”. Tetapi terdapat pula hasil bahwa loyalitas merek tidak memediasi pengaruh nilai kualitatif terhadap EWOM, dan loyalitas merek tidak memediasi pengaruh nilai ekonomi terhadap EWOM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Nilai yang dipersepsikan, Loyalitas Merek, EWOM, Chatime.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 08 Sep 2023 16:10
Last Modified: 08 Sep 2023 16:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29810

Actions (login required)

View Item View Item