IMPLEMENTASI TEORI PERILAKU TERENCANA DALAM PERILAKU MEMILAH SAMPAH (Kasus Pada Desain Dasar Pemasaran Sosial)

Widyaswara, Maria Angelina Andraina (2023) IMPLEMENTASI TEORI PERILAKU TERENCANA DALAM PERILAKU MEMILAH SAMPAH (Kasus Pada Desain Dasar Pemasaran Sosial). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Maria Angelina Andraina Widyaswara)
215026597_Bab 0.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215026597_Bab 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215026597_Bab 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
215026597_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
215026597_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
215026597_Bab 5.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Pemasaran sosial bisa digunakan untuk proses komunikasi yang bertujuan untuk mengubah persepsi pasar pada perilaku tertentu. Salah satu proses komunikasi dalam pemasaran sosial yaitu iklan. Untuk menentukan iklan atau proses komunikasi pada pasar dibutuhkan satu variabel yang paling penting yang bertujuan untuk mengubah perilaku yang diinginkan. Indikator tersebut yang akan digunakan sebagai dasar dalam mendesain pemasaran sosial. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner cetak dan dilakukan di Kapanewon Kasihan. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode sampling non probabilitas berupa purposive sampling. Metode yang digunakan untuk melakukan pengujian data yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Dengan jumlah sampel sebanyak 203. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan lingkungan dan kewajiban moral berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Selanjutnya sikap, kontrol perilaku yang dirasakan dan norma subjektif berpenagruh positif dan signifikan terhadap perilaku memilah sampah. Kemudian sikap dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku memilah sampah dengan niat memilah sampah sebagai variabel mediasi. Untuk norma subjektif tidak berpengaruh terhadap perilaku memilah sampah dengan niat memilah sampah sebagai variabel mediasi. Oleh karena itu, untuk aktivitas pemasaran sosial maka variabel yang perlu ditekankan dalam mengedukasi masyarakat tentang perilaku memilah sampah yaitu sikap yang paling utama dalam mempengaruhi perilaku memilah sampah dengan pendukungnya adalah pengetahuan lingkungan dan kewajiban moral serta kontrol perilaku yang dirasakan. Pemasar perlu meyakinkan konsumen bahwa mereka perlu mengubah perilaku mereka dengan membuat mereka percaya pada jangka panjang manfaat dari praktik pemilahan sampah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Sosial, Teori Perilaku Terencana
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Sep 2023 16:46
Last Modified: 11 Sep 2023 16:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29834

Actions (login required)

View Item View Item