WASKITA, SELVI FITRIA (2009) SHOPPING CENTER DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA12194.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA12194.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA12194.pdf Download (20MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA12194.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
||
Text (Bab IV)
4TA12194.pdf Restricted to Registered users only Download (49MB) |
||
Text (Bab V)
5TA12194.pdf Restricted to Registered users only Download (99MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TA12194.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berbelanja menjadi bagian yang tak bisa terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari dan telah menjadi salah satu kebiasaan hidup tersendiri bagi manusia saat ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan berbelanja juga sekaligus sebagai sarana hiburan dan rekreasi. Dengan tingginya minat berbelanja konsumen di Indonesia, makin menambah jumlah tempat perbelanjaan di Indonesia yang sangat beragam. Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan kota tujuan wisata, khususnya wisata budaya dan belanja sehingga menjadikan Yogyakarta sebagai kota yang cukup padat penduduknya, yang turut berperan serta dalam perkembangan tempat perbelanjaan di Yogyakarta. Sebagian besar tempat perbelanjaan yang ada di Yogyakarta saat ini seperti mengacu pada budaya modern sehingga secara tidak langsung menjadikan Yogyakarta sekarang tak ubahnya seperti kota-kota lain di Indonesia, yang telah menghilangkan ciri khas kota Yogyakarta. Permasalahan proyek Shopping Center di Yogyakarta ini adalah bagaimana mewujudkan Shopping Center di Yogyakarta yang menawarkan kenyamanan, keasrian serta nuansa khas Yogyakarta melalui pengolahan tata ruang dalam dan luar dengan pendekatan pengembangan elemen visual pada batik Yogyakarta. Batik Yogyakarta dianggap dapat merefleksikan ciri khas budaya Yogyakarta, dimana batik sebagai salah satu ikon budaya Yogyakarta memiliki elemen-elemen visual yang mencerminkan nilai-nilai dan filosofi budaya Yogyakarta. Shopping center ini menggunakan pendekatan pengembangan elemen visual pada batik Yogyakarta yang memberikan nuansa khas Yogyakarta yang berbeda dengan tempat perbelanjaan lainnya, yang akan terasa mulai dari ruang luarnya hingga masuk ke dalam bangunan sehingga shopping center ini dapat memuat perpaduan antara bangunan perbelanjaan dengan suasana ruang luar yang asri dan nyaman. Suasana khas Yogyakarta yang ditawarkan akan menjadi suatu kelebihan tersendiri yang tidak terdapat di tempat lain sehingga pengunjung akan merasakan suatu kenangan tersendiri akan shopping center ini yang akan menimbulkan keinginan untuk datang kembali.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Jul 2013 09:02 |
Last Modified: | 12 Jul 2013 09:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2988 |
Actions (login required)
View Item |