SHOPPING CENTER DI YOGYAKARTA

WASKITA, SELVI FITRIA (2009) SHOPPING CENTER DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA12194.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA12194.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TA12194.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TA12194.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA12194.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB)
[img] Text (Bab V)
5TA12194.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TA12194.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berbelanja menjadi bagian yang tak bisa terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari dan telah menjadi salah satu kebiasaan hidup tersendiri bagi manusia saat ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan berbelanja juga sekaligus sebagai sarana hiburan dan rekreasi. Dengan tingginya minat berbelanja konsumen di Indonesia, makin menambah jumlah tempat perbelanjaan di Indonesia yang sangat beragam. Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan kota tujuan wisata, khususnya wisata budaya dan belanja sehingga menjadikan Yogyakarta sebagai kota yang cukup padat penduduknya, yang turut berperan serta dalam perkembangan tempat perbelanjaan di Yogyakarta. Sebagian besar tempat perbelanjaan yang ada di Yogyakarta saat ini seperti mengacu pada budaya modern sehingga secara tidak langsung menjadikan Yogyakarta sekarang tak ubahnya seperti kota-kota lain di Indonesia, yang telah menghilangkan ciri khas kota Yogyakarta. Permasalahan proyek Shopping Center di Yogyakarta ini adalah bagaimana mewujudkan Shopping Center di Yogyakarta yang menawarkan kenyamanan, keasrian serta nuansa khas Yogyakarta melalui pengolahan tata ruang dalam dan luar dengan pendekatan pengembangan elemen visual pada batik Yogyakarta. Batik Yogyakarta dianggap dapat merefleksikan ciri khas budaya Yogyakarta, dimana batik sebagai salah satu ikon budaya Yogyakarta memiliki elemen-elemen visual yang mencerminkan nilai-nilai dan filosofi budaya Yogyakarta. Shopping center ini menggunakan pendekatan pengembangan elemen visual pada batik Yogyakarta yang memberikan nuansa khas Yogyakarta yang berbeda dengan tempat perbelanjaan lainnya, yang akan terasa mulai dari ruang luarnya hingga masuk ke dalam bangunan sehingga shopping center ini dapat memuat perpaduan antara bangunan perbelanjaan dengan suasana ruang luar yang asri dan nyaman. Suasana khas Yogyakarta yang ditawarkan akan menjadi suatu kelebihan tersendiri yang tidak terdapat di tempat lain sehingga pengunjung akan merasakan suatu kenangan tersendiri akan shopping center ini yang akan menimbulkan keinginan untuk datang kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jul 2013 09:02
Last Modified: 12 Jul 2013 09:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2988

Actions (login required)

View Item View Item