Analisis Tingkat Penerimaan Mitra UMKM Yogyakarta terhadap Sistem QRIS pada E-wallet sebagai Alat Pembayaran Cashless menggunakan Metode UTAUT

Hussin, Otniel Titus (2023) Analisis Tingkat Penerimaan Mitra UMKM Yogyakarta terhadap Sistem QRIS pada E-wallet sebagai Alat Pembayaran Cashless menggunakan Metode UTAUT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Otniel Titus Hussin)
191710312_Bab 0.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710312_Bab 1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710312_Bab 2.pdf

Download (957kB) | Preview
[img] Text
191710312_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
191710312_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
191710312_Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan salah satu metode pembayaran cashless yang di tersedia di Indonesia. Sistem QRIS sudah dikenal dan digunakan secara umum oleh masyarakat di Indonesia. QRIS diperkenalkan sebagai solusi pembayaran cashless yang mudah dan efisien yang dapat digunakan oleh bidang Usaha apapun. Namun, masih ada beberapa mitra UMKM khususnya di Yogyakarta yang enggan mengadopsi sistem QRIS. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa beberapa mitra UMKM kurang tertarik untuk mengadopsi QRIS. Pertanyaan tersebut mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan sistem QRIS pada mitra UMKM di Yogyakarta dengan melihat faktor- faktor seperti ekspektasi ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy),faktor Fasilitas yang Mendukung (Facilitating Conditions), dan Kebiasaan Penggunaan (User Behavior) serta Minat Pengguna (Behavioral Intention). Penelitian ini akan kerjakan dengan menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) karena telah terbukti sangat efektif dalam mengukur tingkat penerimaan teknologi informasi. Hasil dari penelitian ini ada empat hipotesis yang diterima dan satu hipotesis yang ditolak. Hipotesis yang diterima mengindikasikan sistem QRIS mudah untuk dipelajari, diterapkan, dan sudah banyak yang menggunakan. Hipotesis yang ditolak adalah Performance ke Behavioral Intention yang mengindikasi mitra UMKM kurang mempercayai bahwa dengan mengadopsi sistem QRIS dapat meningkat produktivitas pekerjaan mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem QRIS dinyatakan sangat membantu mitra UMKM karena dapat dengan mudah di pelajari, mudah diadopsi, dan fasilitas yang sudah umum digunakan. Namun, tidak mempercayai berkaitan dengan peningkatan produktivitas maupun performa dari suatu UMKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Sistem QRIS, UTAUT
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Sep 2023 16:40
Last Modified: 18 Sep 2023 16:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29933

Actions (login required)

View Item View Item