ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DENGAN MENGGUNAKAN HEDONIC MOTIVATION SYSTEM ADOPTION MODEL

Pakpahan, Arinisa Paska (2023) ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DENGAN MENGGUNAKAN HEDONIC MOTIVATION SYSTEM ADOPTION MODEL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Arinisa Paska Pakpahan)
191710314_Bab 0.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710314_Bab 1.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710314_Bab 2.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
191710314_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
191710314_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
191710314_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tiktok merupakan platform digital yang menyediakan fitur lengkap untuk pengguna agar dapat saling berkomunikasi, berbagi konten seperti video, foto dan bahkan segala sesuatu berbentuk tulisan. Tiktok mempermudah pengguna dalam beraktifitas sosial dan merupakan sebuah saran bagi manusia dalam melakukan interaksi kepada kelompok lain baik secara individu maupun kelompok di berbagai belahan dunia tanpa kesulitan dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM) dipilih untuk menganalisis penelitian tersebut. indentifikasi variabel dan hipotesis dijadikan sebagai dasar dalam Menyusun kuesioner dan indikator. Kuesioner yang telah dibuat dan disebarkan kepada masyarakat umum yang menggunakan aplikasi Tiktok dengan jumlah responden minimal 250 orang. Kuesioner yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan Software Smart PLS dengan melalui tahapan evaluasi model pengukuran, evaluasi model structural, serta dilakukannya uji Goodness of Fit (GoF). Analisa data digunakan untuk memberikan rekomendasi serta saran kepada developer aplikasi Tiktok. Hasil penelitian akan menujukkan faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan penggunaan aplikasi Tiktok adalah Perceived Ease to Use, Perceiverd Usefulness, Curiosity, Joy, Control, serta Behavioral Intention to Use. Rekomendasi dan saran yang diajukan untuk menganalisa kepuasan penggunaan Aplikasi Tiktok yaitu penyajian fitur lebih diperbanyak lagi, menyediakan fitur Parents Controlling untuk pengguna yang berusia dibawah, meningkatkan kualitas layanan aplikasi Tiktok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisa Penerima, Sosial Media, Tiktok, Hedonic-Motivation System, Partial Least Square
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Sep 2023 16:52
Last Modified: 18 Sep 2023 16:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29934

Actions (login required)

View Item View Item