ANALISIS USER EXPERIENCE PADA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KEMENTERIAN DALAM NEGERI MENGGUNAKAN USER EXPRERIENCE QUESTIONNAIRE dan HEART METRICS

KaroKaro, Oktanta Immanuel (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KEMENTERIAN DALAM NEGERI MENGGUNAKAN USER EXPRERIENCE QUESTIONNAIRE dan HEART METRICS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Oktanta Immanuel Karo Karo)
191710382_Bab 0.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710382_Bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710382_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
191710382_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
191710382_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
191710382_Bab 5.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Learning Management System BPSDM Kementerian Dalam Negeri adalah sebuah sistem yang digunakan dalam pembuatan modul pembelajaran berbasis web atau aplikasi yang mengelola aktivitas pembelajaran serta memfasilitasi interaksi antar pengajar dan murid. Learning Management System BPSDM Kemendagri sudah digunakan sejak 22 Februari 2021 dan belum pernah dilakukan uji User Experience sehingga Learning Management System BPSDM Kemendagri perlu dilakukan analisis User Experience. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heart Metrics. Hasil dari analisis dari Learning Management System BPSDM Kementerian Dalam Negeri menggunakan metode User Experience Questionnaire menghasilkan nilai pada skala daya tarik 1,62 , skala kejelasan 1,46, skala efisiensi 1,65, skala ketepatan 1,59, skala stimulasi 1,74, skala kebaruan 1,42. Hasil dari analisis dengan menggunakan metode Heart Metrics dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini tingkat User Experience Learning Management System BPSDM Kementerian Dalam Negeri berada pada tingkat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Learning Management System BPSDM Kementerian Dalam Negeri telah berhasil menciptakan pengalaman yang baik bagi para penggunanya melalui sub-variabel Happiness, Engagement, Adoption, Retention, dan Task Success. Maka dapat disimpulkan Learning Management System BPSDM Kementerian Dalam Negeri sudah baik dari segi pengalaman pengguna

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Management System; UEQ; Heart Metrics, user experience.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Sep 2023 17:56
Last Modified: 18 Sep 2023 17:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29939

Actions (login required)

View Item View Item