REPRESENTASI NILAI-NILAI BUSHIDO DALAM SERIAL ANIME (Analisis Semiotika John Fiske pada Tokoh Roronoa Zoro dalam Serial Anime One Piece Bagian Wano)

FIGUN, MICHAEL JULIUS (2023) REPRESENTASI NILAI-NILAI BUSHIDO DALAM SERIAL ANIME (Analisis Semiotika John Fiske pada Tokoh Roronoa Zoro dalam Serial Anime One Piece Bagian Wano). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MICHAEL JULIUS FIGUN)
170906454 0.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906454 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906454 2.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
170906454 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170906454 4.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Bushido merupakan nilai atau kode etik dari seorang samurai yang mengatur bagaimana perilaku serta tindakan seorang samurai. Bushido menjadi praktik selama berabad-abad di Jepang yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Anime sebagai budaya populer seringkali menampilkan karakter yang menerapkan nilai-nilai bushido, salah satunya Roronoa Zoro dalam serial anime “One Piece bagian Wano”. Penelitian ini berfokus untuk melihat bagaimana representasi nilai bushido pada karakter Roronoa Zoro dalam serial anime “One Piece bagian Wano”. Penelitian ini merupapakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis dengan pendekatan semiotika John Fiske. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai-nilai bushido diperlihatkan serta direpresentasikan melalui tindakan dan perilaku dari karakter Roronoa Zoro dalam serial anime One Piece bagian Wano, meliputi kebenaran, keberanian, kesetiaan, murah hati, pengasih, kesopanan serta kehormatan. Selain itu, teknik sinematografi juga menjadi pokok utama yang mendukung bagaimana nilai bushido tersebut direpresentasikan. Pada kesimpulan, penelitian ini menyatakan bahwa anime Jepang mampu menjadi sarana atau media yang efektif untuk memberikan pembelajaran tentang suatu kebudayaan, terkhusus pada nilai bushido dengan kemasan yang lebih menarik serta mudah dipahami oleh khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bushido, Anime, Representasi
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Oct 2023 21:14
Last Modified: 02 Oct 2023 21:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30070

Actions (login required)

View Item View Item