STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK PADA HUBUNGAN JARAK JAUH ANTARA MAHASISWA RANTAU DAN IBU

ANDANI, TEOKTISTA NOVI (2023) STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK PADA HUBUNGAN JARAK JAUH ANTARA MAHASISWA RANTAU DAN IBU. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TEOKTISTA NOVI ANDANI)
180906522 0.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906522 1.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906522 2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
180906522 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
180906522 4.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen konflik yang dilakukan oleh mahasiswa rantau dan Ibu dalam konteks hubungan jarak jauh. Penelitian ini berangkat dari hambatan dan konflik yang sering dijumpai oleh mahasiswa rantau dan orang tua ketika menjalani hubungan jarak jauh. Dalam penelitian ini, konflik antara mahasiswa rantau dan Ibu apabila tidak dapat diolah dengan baik dan benar maka akan menyebabkan kerenggangan dalam konteks hubungan interpersonal. Penelitian ini menggunakan teori face negotiation, konsep komunikasi interpersonal, dan strategi manajemen konflik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah strategi manajemen konflik dan subjek dari penelitian ini adalah ketiga pasang mahasiswa rantau dan Ibu. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang terjadi pada ketiga pasang narasumber memiliki intensitas yang tergolong rendah. Adapun konflikkonflik yang sering dialami oleh mahasiswa rantau dan Ibu antara lain yaitu perbedaan pendapat, pola konsumsi yang tidak sehat, tidak mengangkat panggilan telepon dari Ibu, jam pulang yang larut malam, dan lupa memberi kabar kepada Ibu. Konflik-konflik tersebut dikelola dengan menggunakan strategi manajemen konflik, yaitu argumentativeness strategies, win-win strategies, dan talk strategies. Strategi tersebut diimplementasikan melalui media berbasis internet seperti chat WA, telepon, video call, dan penggunaan sosok Ayah sebagai third-party help. Dalam penelitian ini, ketiga pasang narasumber baik mahasiswa rantau dan Ibu memiliki pengaruh budaya konteks tinggi atau kolektivistik yang dimana mereka lebih menghargai kebutuhan dan tujuan kolektif (bersana), kooperatif, dan tertarik untuk membangun hubungan khususnya meningkatkan hubungan dalam konteks interpersonal antara anak dan Ibu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen Konflik, Hubungan Jarak Jauh, Komunikasi Interpersonal, Face Negotiation Theory
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Oct 2023 17:29
Last Modified: 03 Oct 2023 17:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30082

Actions (login required)

View Item View Item