STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI BATIK ECO-PRINT NATURAL JOGJA MENGGUNAKAN METODE MIX MARKETING

Mileena, Ancilla Thertia (2023) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI BATIK ECO-PRINT NATURAL JOGJA MENGGUNAKAN METODE MIX MARKETING. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ancilla Thertia Mileena)
190610387 0.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610387 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610387 2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190610387 3.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
190610387 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
190610387 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
190610387 6.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
190610387 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
190610387 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
190610387 9.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Batik Eco-Print Natural Jogja merupakan salah satu UMKM yang berada di Yogyakarta, yang terletak di Jalan Mondoliko No. 768 Yogyakarta. Natural Jogja ini menjual berbagai produk dengan menggunakan batik eco-print atau batik yang diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan. Berbagai produk yang dijual yaitu bahan kain, bahan kulit, kaos, syal, kerudung, tas dan dompet, mug, dan lukisan. Berdasarkan wawancara dengan owner Batik Eco-Print Natural Jogja, terdapat permasalahan pada usaha tersebut yaitu tidak adanya peningkatan penjualan. Hal tersebut berdasarkan diskusi dengan owner disebabkan karena Natural Jogja belum memiliki startegi pemasaran yang tepat. Terdapat juga konsumen yang menyarankan untuk membuat inovasi pada kemasan. Berdasarkan permasalahan tersebut, ditemukan beberapa alternatif solusi yaitu inovasi produk, digital marketing, dan inovasi kemasan. Setelah dilakukan diskusi dan brainstorming dengan owner Natural Jogja, kemudian didapatkan solusi yang terpilih yaitu menggunakan digital marketing. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu mix marketing dan metode regresi linear berganda. Pada penelitian ini menggunakan dua model yaitu model brand awareness dengan variabel yaitu social media usage, advertisement, direct marketing, dan endorser. Pada model brand awareness ini akan digunakan untuk pengelolaan keberlanjutan pada digital marketing yang dibuat. Sedangkan pada model kedua yaitu buying decision memiliki beberapa variabel yaitu product, price, promotion, dan place. Pada model kedua ini digunakan untuk muatan konten yang akan diunggah pada digital marketing. Hasil pada penelitian ini menghasilkan bahwa pada variabel social media usage mempengaruhi brand awareness. Sedangkan pada buying decision dipengaruhi oleh variabel product dan promotion. Berdasarkan hasil tersebut kemudian digunakan untuk melakukan implementasi dengan digital marketing selama dua minggu, dengan hasil menaikkan insight akun instagram Batik Eco-Print Natural Jogja sebesar 790% dan menaikkan penjualan sebesar 68,8% atau setara dengan Rp 1.350.000. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan digital marketing pada Batik Eco-Print Natural Jogja merupakan solusi yang tepat untuk peningkatan penjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, digital marketing, regresi linear berganda, mix marketing, brand awarenss, buying decision.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 17 Oct 2023 16:15
Last Modified: 17 Oct 2023 16:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30243

Actions (login required)

View Item View Item