DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA PEMBENTUKAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN PHOTOCARD DALAM GROUP ORDER

Retno, Christophilla Deave Shardanti Setyoning (2023) DINAMIKA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA PEMBENTUKAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN PHOTOCARD DALAM GROUP ORDER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Christophilla Deave Shardanti Setyoning Retno)
190906893_Bab 0.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906893_Bab 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906893_Bab 2.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
190906893_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
190906893_Bab 4.pdf

Download (863kB) | Preview

Abstract

Photocard merupakan salah satu dari beberapa isi dalam merchandise album K-Pop yang menjadi salah satu barang koleksi yang saat ini mulai digemari dan dikoleksi oleh para K-Popers serta menjadi sebuah hobi baru dalam mengoleksi photocard yang ramai digeluti banyak orang yang menggemari K-Pop. Kehadiran Group Order sebagai wadah untuk para kolektor photocard melakukan pembelian photocard dengan harga yang lebih terjangkau membuat perilaku konsumtif semakin mudah dilakukan proses transaksi dapat dilakukan secara daring yaitu melalui Group Order Kimbabekidding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan melalui wawancara pada empat narasumber yang merupakan anggota dan pemilik dari Group Order dan observasi dalam Group Order Kimbabekidding. Teori yang kemudian dipakai berupa komunikasi kelompok serta dinamika komunikasi dalam peer group untuk melihat pembentukan perilaku konsumtif pada interaksi yang terjadi dalam Group Order Kimbabekidding pada kegiatan pembelian photocard. Dinamika kelompok dalam peer group yang terjadi pada Group Order Kimbabekidding mengarah pada pembentukan perilaku konsumtif pada pembelian photocard idol K-Pop yang terbentuk melalui komunikasi kelompok yang terjalin pada teman sebaya dalam group order. Dinamika yang terjadi berupa komunikasi dan interaksi antar anggota maupun admin dengan anggota mengenai kegiatan menawarkan dan pembelian photocard. Persamaan usia serta tujuan yang sama memudahkan komunikasi yang terjadi sehingga kegiatan saling mengajak untuk melakukan pembelian photocard dalam Group Order menimbulkan perilaku konsumtif dalam Group Order.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dinamika komunikasi, komunikasi kelompok, group order, photocard, perilaku konsumtif
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 Oct 2023 18:50
Last Modified: 26 Oct 2023 18:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30323

Actions (login required)

View Item View Item