Keterampilan Komunikasi Para Lansia di Yogyakarta terkait Literasi Digital Aspek Digital Skills dan Digital Safety Pasca Program Akademi Digital Lansia Tular Nalar 2022

Halim, Danny (2023) Keterampilan Komunikasi Para Lansia di Yogyakarta terkait Literasi Digital Aspek Digital Skills dan Digital Safety Pasca Program Akademi Digital Lansia Tular Nalar 2022. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Danny Halim)
190906936_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906936_Bab 1.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906936_Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
190906936_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906936_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengubah peradaban manusia secara global secara signifikan bagi kehidupan sosial masyarakat terutama transformasi ke era digital dan mulai meniadakan batas-batas di dunia (borderless world). Masyarakat lansia memiliki tingkat literasi digital yang paling rendah dibandingkan generasi diatasnya dikarenakan digital migrant. Masyarakat lansia merupakan kelompok yang paling sering menjadi korban dan pelaku informasi hoaks dan menjadi sasaran penipuan digital. Maka dari itu, masyarakat lansia perlu mendapatkan perhatian lebih terkait peningkatan literasi digital. Program Akademi Digital Lansia merupakan bentuk pemberdayaan yang menargetkan para lansia dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat lansia terhadap literasi digital dan mengantisipasi para lansia menjadi korban dari konten hoaks dan penipuan Digital. Program Akademi Digital Lansia merupakan program Tular Nalar tahun 2022 hingga 2023 yang diselenggarakan oleh MAFINDO beserta dengan mitranya. Target program ini yaitu memberdayakan 320.000 masyarakat lanjut usia di seluruh Indonesia. Penelitian ini ingin melihat keterampilan komunikasi para lansia di Yogyakarta terkait literasi digital aspek digital skills dan digital safety pasca program Akademi Digital Lansia Tular Nalar. Pendekatan yang diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi fenomenologi. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama dengan Koordinator Nasional Akademi Digital Lansia Tular Nalar dan para peserta Akademi Digital Lansia di Yogyakarta tahun 2022. Pada penelitian ini, dokumentasi guna melengkapi data peneliti dengan mengambil beberapa data dari media sosial Tular Nalar, Youtube Tular Nalar, Youtube MAFINDO, website MAFINDO, portal berita, dan website Tular Nalar. Hasil dari penelitan ini adalah program Akademi Digital Lansia memberikan dampak yang cukup besar terhadap kemampuan literasi digital kelompok lansia. Para narasumber cukup menangkap dan memahami beberapa materi pelatihan. Program Akademi Digital Lansia telah sesuai dengan konseptual pemberdayaan yang menitikberatkan tentang pembangunan masyarakat untuk memberdayakan golongan lemah yakni masyarkat lansia yang lemah dalam berdigitalisasi. Kemampuan literasi digital yang dimiliki oleh para narasumber masih bersifat dasar. Kemudian terkait literasi digital aspek digital skills dan digital safety yang dijabarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Siberkreasi & Deloitte, ditemukan bahwa tidak semua narasumber memenuhi keempat segmen yang dijabarkan aspek digital skills. Namun, mereka dapat mencapai tujuan dari aspek digital skills yaitu terhindar dari serangan siber dan tidak terprovokasi oleh rekayasa informasi. Sedangkan digital safety, ditemukan bahwa para narasumber hanya mencapai tahap aspek kognitif dan afektif. Para narasumber sadar akan urgensi keamanan digital, risiko dan mengenali ancaman yang ada di dunia digital. Kemampuan literasi digital para narasumber tentunya memberikan pengaruh pada keterampilan komunikasi di media sosial yang semakin teliti, berhati-hati, cermat dan selektif dalam menggunakan media digital. Secara tidak langsung, keterampilan komunikasi yang dimiliki oleh narasumber lebih mengarah pada keterampilan komunikasi tulisan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Digital Skills, Digital Safety, Lansia, Literasi Digital, Program Akademi Digital Lansia Tular Nalar
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 Oct 2023 18:57
Last Modified: 26 Oct 2023 18:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30324

Actions (login required)

View Item View Item