PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENGANALISIS NIAT PERILAKU PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA MASYARAKAT LABUAN BAJO

Danggur, Anna Maria Setya Kusuma (2023) PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENGANALISIS NIAT PERILAKU PENGGUNAAN E-COMMERCE PADA MASYARAKAT LABUAN BAJO. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Anna Maria Setya Kusuma Danggur)
215026591_Bab 0.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215026591_Bab 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215026591_Bab 2.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
215026591_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
215026591_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img]
Preview
Text
215026591_Bab 5.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2019 Labuan Bajo ditetapkan sebagai daerah pariwisata super premium. Berkembangnya pariwisata Labuan Bajo membawa dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat Labuan Bajo secara khusus dan Indonesia secara luas. Pariwisata yang berkembang pesat menghadirkan pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu perlu dilakukannya digitalisasi UMKM sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa siap Masyarakat Labuan Bajo menerima dan menggunakan e-commerce dengan menggunakan pendekatan technology acceptance model (TAM). Penelitian ini menggunakan Partial Least Square- Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan jumlah sampel 185 responden yang merupakan masyarakat Labuan Bajo, masyarakat Labuan Bajo yang pernah menggunakan e-commerce, masyarakat Labuan Bajo yang sudah atau mau memulai bisnis dan masyarakat Labuan Bajo yang sedang menjalankan bisnis tetapi belum menggunakan e-commerce. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukan jika semua hipotesis diterima. Perceived Ease of Use memiliki pengaruh posisitif terhadap Perceived Usefulness. Perceived ease of use memiliki pengaruh positif terhadap attitude toward behavior. perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap attitude toward behavior. Perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap intention to use. Attitude toward behavior memiliki pengaruh positif terhadap intention to use. Intention to usei memiliki pengaruh positif terhadap actual usage.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TAM, E-commerce, Perceived usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Behavior, Intention to Use, Actual Usage
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Nov 2023 18:47
Last Modified: 22 Nov 2023 18:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30564

Actions (login required)

View Item View Item