PERILAKU IMPULSE BUYING PADA LIVE SHOPPING SOCIAL COMMERCE TIKTOK DENGAN KERANGKA STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE

Nurcholis, Jaya Dwi (2023) PERILAKU IMPULSE BUYING PADA LIVE SHOPPING SOCIAL COMMERCE TIKTOK DENGAN KERANGKA STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jaya Dwi Nurcholis)
225026934_Bab 0.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225026934_Bab 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225026934_Bab 2.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
225026934_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
225026934_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
225026934_Bab 5.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

Perdagangan melalui social commerce terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir di indonesia. Ini merupakan model bisnis baru perpaduan dari sosial media dan e-commerce dimana memungkinkan untuk penjual dapat berinteraksi secara langsung. Penelitian ini berfokus pada perilaku impulse buying konsumen pada live shopping pada social commerce Tiktok. Penelitian ini mengusulkan model peneltiain berdasarkan kerangka stimulus-organism-response (SOR) untuk mengetahui reaksi dan perilaku konsumen setelah adanya rangsangan tertentu. Sebanyak 237 kuesioner sampel yang valid dengan pengalaman konsumen berbelanja melalui live shopping Tiktok maksimal 2 bulan terakhir diambil. Model pengukuran dibuat berdasarkan tanggapan valid dari kuesioner online dengan bantuan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan Smart-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa stimulus attractiveness dan trustworthiness berpengaruh positif signifikan terhadap perceived enjoyment. Stimulus purchase convenience, product information dan product price berpengaruh positif terhadap perceived usefulness. Perceived usefulness berdampak positif terhadap perceived enjoyment. Organism perceived usefulness dan perceived enjoyment memiliki pengaruh terhadap urge to buy impulsively. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa konsumen dalam live shopping di social commerce cenderung lebih mudah melakukan impulse buying karena terjadinya dorongan dari host live shopping dalam waktu singkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Impulse Buying, Social Commerce, Live Shopping, Online Shopping.
Subjects: Magister Manajemen > E-Business
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Nov 2023 19:26
Last Modified: 22 Nov 2023 19:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30566

Actions (login required)

View Item View Item