ANALISIS PESAN VISUAL PADA VIDEO MUSIK K-POP YANG MENGGUNAKAN KECERDASAN BUATAN (Studi pada Girlband Eternity dan MAVE)

Martin, Faustina Helena Regina Caeli (2023) ANALISIS PESAN VISUAL PADA VIDEO MUSIK K-POP YANG MENGGUNAKAN KECERDASAN BUATAN (Studi pada Girlband Eternity dan MAVE). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAUSTINA HELENA REGINA CAELI MARTIN)
190906820 - 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906820 - 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906820 - 2.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
190906820 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190906820 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi komunikasi banyak digunakan dalam strategi pemasaran untuk menembus pasar global, salah satunya melalui penyebaran Korean Pop (K-Pop). Era baru yang lahir dalam industri musik K-Pop terus mengalami perkembangan sehingga memunculkan banyak perubahan dan inovasi dalam industri tersebut. Hadirnya teknologi kecerdasan buatan menghadirkan tren baru dalam masyarakat dengan memproduksi karakter virtual yang dapat membantu manusia melakukan berbagai macam pekerjaan. Salah satu perusahaan IT yang bergerak dalam bidang pengembangan AI di Korea Selatan, yakni Pulse9 melahirkan sebuah girlband bernama Eternity yang seluruh anggotanya dibuat dengan konsep artificial intelligence. Kemudian, perusahaan lainnya yakni Metaverse Entertainment juga memperkenalkan girlband berbasis AI yang bernama MAVE (Make New Wave). Untuk merealisasikan karakter AI, maka digunakan teknologi AI berbasis Deepfake dengan kemampuan Deep Learning yang diterapkan dalam pembuatan karakteristik wajah, hingga suara palsu yang memungkinkan mereka terlihat sangat nyata. Adapun produk girlband virtual ini dikenalkan kepada publik melalui platform Youtube dengan video musiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan visual pada video musik girlband Eternity dan MAVE yang menggunakan kecerdasan buatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konten kualitatif dengan persiapan, pengorganisasian, dan pelaporan hasil temuan. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari video musik Eternity dan MAVE pada Youtube, website agensi, buku, jurnal-jurnal, dan artikel berita mengenai teknologi AI di Korea Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi AI membentuk interaksi antara manusia dengan karakter AI melalui animasi visual dengan simbolsimbol yang tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata sebagai identitas barunya, serta teknologi AI memberikan realitas baru dalam kehidupan manusia dimana hadirnya karakter AI mampu melakukan berbagai macam pekerjaan dalam industri media dan hiburan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pesan visual, kecerdasan buatan, girlband virtual
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2023 00:10
Last Modified: 24 Nov 2023 00:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30593

Actions (login required)

View Item View Item