PROSES PEMBENTUKAN PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG INFORMASI MENGENAI KESEHATAN MENTAL DAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM AKUN INSTAGRAM @MENJADIMANUSIA.ID

Silalahi, Dina Hariani (2023) PROSES PEMBENTUKAN PERSEPSI FOLLOWERS TENTANG INFORMASI MENGENAI KESEHATAN MENTAL DAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM AKUN INSTAGRAM @MENJADIMANUSIA.ID. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Dina Hariani Silalahi)
190906828 - 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906828 - 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906828 - 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
190906828 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
190906828 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini, isu mengenai kesehatan mental selalu menjadi topik pembicaraan yang hangat diperbincangkan dan harus mendapatkan perhatian. Maka dari itu, cukup banyak dari media sosial yang saat ini menyediakan layanan serta informasi terkait kesehatan mental seperti akun Instagram @menjadimanusia.id. Dilatarbelakangi dengan tingginya angka jumlah penduduk Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan mental serta kecenderungan masyarakat yang sangat mudah terpengaruh terhadap informasi yang ada di media sosial, maka kesempatan mereka untuk memanfaatkan media sosial untuk memperoleh informasi terkait kesehatan mental dan pengembangan diri pun akan semakin terbuka luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan persepsi followers tentang informasi mengenai kesehatan mental dan pengembangan diri dalam akun Instagram @menjadimanusia.id. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang akan memahami proses pembentukan persepsi followers tentang informasi dalam media sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada empat informan serta studi pustaka melalui pembacaan literatur atau sumber-sumber tertulis. Persepsi yang diberikan oleh keempat informan menunjukkan kesan yang baik sehingga memengaruhi tindakan mereka. Tidak hanya memiliki pemahaman maupun pengertian yang baru, informan juga menilai bahwa informasi yang disajikan juga membantu mereka dalam mencari solusi meningkatkan kesadaran, mengedukasi, serta memberikan dukungan kepada followers atau khalayak terkait kesehatan mental dan pengembangan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Followers, Informasi, Instagram
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2023 17:22
Last Modified: 24 Nov 2023 17:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30600

Actions (login required)

View Item View Item