PENGARUH PROMOSI FOOD BLOGGER TERHADAP BRAND IMAGE DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KUROBUTA RAMEN DI YOGYAKARTA

Pramana, Franciscus Bramantya Ardian (2023) PENGARUH PROMOSI FOOD BLOGGER TERHADAP BRAND IMAGE DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KUROBUTA RAMEN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Franciscus Bramantya Ardian Pramana)
190324691 0.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324691 1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324691 2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
190324691 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
190324691 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
190324691 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan media sosial dan industri makanan di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul berbagai cara baru dalam pemasaran, salah satunya melalui promosi oleh food blogger di Instagram. Metode pemasaran ini menjadi pilihan yang terjangkau bagi pelaku usaha untuk memperkenalkan produk mereka di media sosial. Dapat dengan mudah pelaku usaha mempromosikan produk dagangan mereka di Instagram, yang dapat diakses oleh pengguna Instagram secara luas. Food blogger promotion ini memiliki potensi untuk meningkatkan citra merek yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari promosi oleh food blogger terhadap brand image, pengaruh promosi oleh food blogger terhadap purchase decision, pengaruh faktor demografi usia dan gender terhadap brand image, dan pengaruh faktor demografi usia dan gender terhadap purchase decision pelanggan Kurobuta Ramen di Yogyakarta. Untuk mengumpulkan data, peneliti menyebarkan kuesioner kepada pelanggan Kurobuta Ramen yang telah mengenal produk Kurobuta Ramen dan pernah melakukan pembelian karena terpengaruh oleh promosi di Instagram. Adapun metode pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, uji t, uji F, uji beda t test, dan uji one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan food blogger promotion terhadap brand image Kurobuta Ramen Yogyakarta, adanya pengaruh food blogger promotion terhadap purchase decision Kurobuta Ramen Yogyakarta, adanya pengaruh faktor demografi usia dan gender terhadap brand image, dan terakhir pengaruh faktor demografi usia dan gender terhadap purchase decision Kurobuta Ramen Yogyakarta. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif pada variabel food blogger promotion terhadap variabel brand image dan variabel purchase decision. Kemudian, didapati bahwa variabel demografi gender tidak memiliki pengaruh terhadap variabel brand image dan variabel purchase decision, namun variabel demografi usia memiliki pengaruh atau perbedaan persepsi terhadap variabel brand image dan variabel purchase decision. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan jumlah responden dan penyebaran kuesioner secara langsung guna mendapatkan hasil yang lebih akurat. Selain itu, peneliti juga menyarankan penambahan variabel loyalitas konsumen, karena faktor-faktor tersebut memiliki peran penting dalam mendorong konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Oleh karena itu, indikasi loyalitas onsumen menjadi faktor yang penting dan perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: food blogger promotion, brand image, purchase decision.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 27 Nov 2023 20:35
Last Modified: 27 Nov 2023 20:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item