KHERYN, CHABELITA (2023) PROSES CORPORATE REBRANDING GLOBAL MILLENNIAL GROUP MENJADI GLOBY. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (CHABELITA KHERYN)
190906889 - 0.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
190906889 - 1.pdf Download (859kB) | Preview |
|
|
Text
190906889 - 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
190906889 - 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
190906889 - 4.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perubahan aktivitas daring menjadi luring membuat beberapa perusahaan yang lahir sebagai perusahaan daring harus dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut guna untuk mempertahankan perusahaan. Salah satu cara agar dapat mempertahankan perusahaan adalah dengan mengubah strategi perusahaan yang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan perusahaan. Global Millennial Group merupakan salah satu perusahaan yang lahir dan beroperasi penuh secara daring dan mendapatkan dampak dari perubahan aktivitas yang kembali berjalan luring tersebut sehingga Global Millennial Group memutuskan untuk melakukan corporate rebranding menjadi Globy dengan tujuan utama untuk mengubah strategi perusahaan dan identitas visual perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses corporate rebranding Global Millennial Group menjadi Globy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada empat petinggi perusahaan (C-Level), yaitu CEO, external relations, marketing, dan operations. Sementara studi dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan dokumen elektronik melalui media sosial dan website resmi perusahaan. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses corporate rebranding yang dilakukan Global Millennial Group menjadi Globy merupakan tipe rebranding complete changes, yang dilakukan melalui beberapa tahapan: diawali dari adanya pemicu (triggering) melakukan corporate rebranding. Pemahaman terhadap pemicu tersebut didapatkan dari hasil pengorganisasian informasi yang dilakukan oleh C-Level, kemudian selanjutnya melakukan analisis pasar, analisis kompetitor dan evaluasi perusahaan (analyzing and decision making), perencanaan (planning: repositioning, renaming, restructuring, redesign), persiapan (prepare: rapat, pembagian tugas, soft-launching), launching, evaluating, dan continuing. Proses corporate rebranding yang dilakukan oleh perusahaan menggunakan gaya komunikasi dua arah dan menggunakan arus komunikasi horizontal, dimana komunikasi tentang proses corporate rebranding dilaksanakan dan dijalankan oleh antarpimpinan dan tidak melibatkan anggota organisasi yang lain.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses corporate rebranding, proses informasi organisasi, komunikasi organisasi |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 4 uajy |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 19:35 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 19:35 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30683 |
Actions (login required)
View Item |