STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi pada SMA Santo Tarcisius Dumai)

ARUMNINGTYAS, BERNARDA DITA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi pada SMA Santo Tarcisius Dumai). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BERNARDA DITA ARUMNINGTYAS)
190906896 - 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906896 - 1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906896 - 2.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
190906896 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img]
Preview
Text
190906896 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Usia remaja merupakan masa aktif dan penuh energi dan sangat memungkinkan untuk melakukan hal yang disebut kenakalan remaja. Siswa SMA dapat melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan dan etika untuk memperoleh pengakuan dari lingkungannya. Salah satunya adalah tindakan bullying yang dapat terjadi secara tidak sadar dan perilaku ini dapat ditemui di lingkungan sekitar, salah satunya adalah lingkungan sekolah. Guru sebagai pendidik diharapkan untuk memiliki strategi komunikasi dalam membentuk karakter siswa. Strategi komunikasi merupakan hasil keputusan guru merencanakan komunikasi dalam membentuk karakter siswa untuk mencapai tujuan karakter siswa. Penelitian ini memiliki fokus pada strategi komunikasi guru dalam membentuk karakter siswa di SMA Santo Tarcisius Dumai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi guru dalam membentuk karakter siswa pada SMA Santo Tarcisius berdasarkan konsep strategi komunikasi menurut Effendy (2020) dan menganalisis berdasarkan empat komponen strategi komunikasi menurut Fajar (2009). Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan dengan menggunakan metode wawancara mendalam. Wawancara dilakukan kepada empat narasumber yaitu dua guru Wali Kelas dan dua guru mata pelajaran. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi komunikasi guru dalam membentuk karakter siswa berdasar pada tahapan strategi komunikasi yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta empat komponen strategi yang diawali dengan mengenal siswa sebagai komunikan, merancang pesan berdasarkan motto SMA Santo Tarcisius yaitu CERIA (Cinta Kasih, Etika, Ramah, Intelektual, dan Akhlak), menetapkan metode dimana peneliti menemukan guru SMA Santo Tarcisius menggunakan tiga jenis metode pesan untuk membentuk karakter siswa yaitu informatif, persuasif dan edukatif serta menggunakan media visual.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Guru, Pembentukan Karakter dan Siswa
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 29 Nov 2023 20:49
Last Modified: 29 Nov 2023 20:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30688

Actions (login required)

View Item View Item