PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP NIAT BELI (STUDI KASUS PADA RAISA SEBAGAI INFLUENCER AQUA)

Prakoso, Cahyo (2023) PENGARUH INFLUENCER MARKETING TERHADAP NIAT BELI (STUDI KASUS PADA RAISA SEBAGAI INFLUENCER AQUA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Cahyo Prakoso)
190324854 0.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324854 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324854 2.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
190324854 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
190324854 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
190324854 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan – Untuk mengetahui dan menjelaskan dampak dari adanya influencer marketing terhadap niat beli (studi kasus Raisa sebagai influencer Aqua). Untuk membantu dalam mencari tahu dan menjelaskan dampak dari adanya influencer marketing, dalam penelitian ini akan digunakan 9 variabel, antara lain: daya tarik, keahlian, keaslian, kesamaan, interaksi. Kelima variabel tersebut akan membahas mengenai sumber arakteristik dari seorang Raisa sebagai influencer Aqua. Lalu ada ariabel kepercayaan iklan dan kepuasan citra. Kedua variabel ini akan membahas mengenai pandangan konsumen atas iklan Aqua dan kepuasan citra dari Raisa sebagai influencer Aqua. Selanjutnya ada self-brand connection dan niat beli. Self-brand connection sebagai variabel yang berfokus pada hubungan brand dengan konsumen. Melalui sarana berupa iklan dan influencer, akan dilihat seberapa jauh hubungan terbentuk antara konsumen dengan brand Aqua. Yang terkahir adalah niat beli yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk Aqua. Metodologi – Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini didapat melalui teknik purposive sampling dengan objek Raisa sebagai influencer Aqua dan subjek dengan syarat mengikuti akun Instagram Raisa, pernah melihat iklan Aqua, dan pernah membeli prduk Aqua. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM dan dibantu dengan software SmartPLS v3.2.9. Hasil – Penelitian ini memberikan hasil bahwa terdapat pengaruh positif pada variabel keahlian terhadap kepuasan citra dan kepercayaan iklan. Kemudian pada variabel kesamaan terdapat pengaruh positif terhadap kepercayaan iklan. Pada variabel kepuasan citra dan kepercayaan iklan ditemukan pengaruh positif terhadap self-brand connection. Terkahir pada variabel kepercyaaan iklan yang menunjukkan pengaruh positif terhadap variabel niat beli. Keterbatasan/Implikasi – Adanya keterbatasan dalam penelitian ini, antara lain: terjadi penurunan dua variabel (interaksi dan keaslian) dan satu indikator variabel (SBC2) yang disebabkan nilai outer loading yang tidak memenuhi kriteria. Variabel keaslian hanya menggunakan 2 pertanyaan dan dalam penelitian ini tidak menggunakan mediasi. Untuk implikasi manajerial yang bisa diberikan dari penelitian ini adalah pertimbangan menggunakan strategi influencer marketing serta pemilihan influencer yang memiliki karakter yang sama dengan target konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Influencer Marketing, Karakteristik Influencer, Kepuasan Citra, Kepercayaan Iklan, Niat Beli
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 16:45
Last Modified: 30 Nov 2023 16:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30693

Actions (login required)

View Item View Item