Motif dan Tingkat Kepuasan Followers dalam Mengakses TikTok Lazada Berdasarkan Uses and Gratification Theory

FURNANDO, RIKO (2023) Motif dan Tingkat Kepuasan Followers dalam Mengakses TikTok Lazada Berdasarkan Uses and Gratification Theory. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RIKO FURNANDO)
190906941 - 0.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906941 - 1.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906941 - 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
190906941 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
190906941 - 4.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan tingkat kepuasan followers dalam mengakses TikTok Lazada. Motif merupakan suatu alasan manusia yang melatarbelakangi untuk melakukan sesuatu, dan kepuasan merupakan suatu tindakan dari terpenuhinya keinginan, harapan, dan lain sebagainya. Pada intinya motif adalah dorongan dalam mencapai sebuah tujuan ataupun mencari sebuah kepuasan. Dengan adanya motif (gratification sought) dan kepuasan (gratification obtained) dapat menjadi sebuah dorongan bagi individu atau followers dalam mengakses TikTok Lazada Indonesia. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator menurut Denis McQuail yaitu informasi, identitas pribadi, interaksi, dan hiburan. Metode dalam penelitian ini adalah kuesioner, jenis penelitiannya yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, serta analisis statistik deskriptif, dan analisis kesenjangan gratification sought dan gratification obtained. Populasi diambil dari followers TikTok Lazada Indonesia dengan sampel berjumlah 100 responden dengan jumlah responden lakilaki yaitu 42 orang dan perempuan yaitu 58%. Urutan motif tertinggi yang ditemukan peneliti yaitu motif identitas pribadi, motif informasi, motif interaksi, dan motif hiburan. Sedangkan urutan kepuasan tertinggi yaitu kepuasan informasi, kepuasan interaksi, kepuasan hiburan dan kepuasan identitas pribadi. Secara kesimpulan dapat dikatakan bahwa followers TikTok Lazada tidak mendapatkan kepuasan karena total nilai mean rata-rata GS (gratification sought) lebih besar dari pada total nilai mean rata-rata (gratification obtained), yaitu dengan nilai GS sebesar 3,84 dan GO sebesar 3,79. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa motif tertinggi yang didapat oleh peneliti yaitu dengan urutan motif identitas pribadi, motif informasi, motif interaksi, dan motif hiburan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, Followers, TikTok Lazada
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 20:40
Last Modified: 30 Nov 2023 20:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30720

Actions (login required)

View Item View Item