PENGARUH KUALITAS KONTEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS INSTAGRAM @LIFEATBLIBLI

SAKUNTALA, BINTANG KHAIRUNISA (2023) PENGARUH KUALITAS KONTEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN FOLLOWERS INSTAGRAM @LIFEATBLIBLI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BINTANG KHAIRUNISA SAKUNTALA)
190906974 - 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906974 - 1.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906974 - 2.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
190906974 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
190906974 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyaknya pengguna Instagram memunculkan akun yang berfokus untuk menyajikan informasi spesifik sesuai dengan tujuan dan target audiens mereka. Salah satunya seperti akun Instagram @lifeatblibli yang berfokus untuk memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan serta aktivitas perusahaan, yakni PT Global Digital Niaga atau Blibli. Meskipun demikian, masih banyak ditemukan pesan-pesan yang tidak berhubungan dengan tujuan dari akun Instagram tersebut. Semakin tinggi kualitas dari akun Instagram @lifeatblibli, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan pengikutnya (followers). Namun, melihat peristiwa yang terjadi tersebut menyebabkan kualitas dan tingkat kepuasan followers @lifeatblibli ini pun dipertanyakan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari kualitas konten terhadap tingkat kepuasan followers akun Instagram @lifeatblibli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner melalui Google Form. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan kriteria tertentu berupa pengikut (followers) dari akun Instagram @lifeatblibli yang minimal berusia 17 tahun dan pernah melihat atau membaca lowongan pekerjaan di akun Instagram tersebut. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics dengan menggunakan regresi linier sederhana sebagai teknik analisis data dan Metode Stimulus-Respons (S-R) sebagai teori utama. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas konten, yang pada konteks penelitian ini adalah informasi lowongan pekerjaan, berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan followers dai akun Instagram @lifeatblibli sebesar 0,503 atau 50,3%. Hipotesis teoritik atau H1 yang berbunyi kualitas konten berpengaruh terhadap tingkat kepuasan followers Instagram @lifeatblibli berhasil dibuktikan pada penelitian ini. Hasil persamaan dari uji regresi linier juga memperlihatkan persamaan dengan nilai positif. Dari persamaan tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kualitas konten pada akun Instagram @lifeatblibli, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan followers-nya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas konten, informasi lowongan pekerjaan, tingkat kepuasan followers
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 30 Nov 2023 22:43
Last Modified: 30 Nov 2023 22:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30726

Actions (login required)

View Item View Item