PENGARUH TERPAAN IKLAN “SYABAR NABUNG DI BIBIT” TERHADAP BRAND IMAGE BIBIT (Studi Eksplanatif terhadap Pengikut Akun Instagram @bibit.id)

WIRAWAN, ARIO (2023) PENGARUH TERPAAN IKLAN “SYABAR NABUNG DI BIBIT” TERHADAP BRAND IMAGE BIBIT (Studi Eksplanatif terhadap Pengikut Akun Instagram @bibit.id). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ARIO WIRAWAN)
190907036 - 0.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907036 - 1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190907036 - 2.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
190907036 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
190907036 - 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan sebuah cara bagi perusahaan untuk menginformasikan, mempengaruhi, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung atau tidak langsung mengenai produk dan mereknya. Salah satunya dengan menerapkan konsep pemasaran integrated marketing communication yaitu periklanan untuk mempromosikan ide, jasa, atau produk. Iklan dapat berfungsi sebagai media yang memberikan banyak informasi, mempengaruhi konsumen, membentuk kesan, dan memuaskan konsumen. Iklan yang dibuat harus terdapat terpaan agar pesan dalam iklan dapat diterima oleh penonton. Media terpaan iklan yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan pesan adalah dengan melalui media sosial. Melalui terpaan iklan, pesan yang disampaikan dapat mengembangkan citra dari sebuah merek. Dengan meningkatkan citra merek, konsumen akan memiliki ingatan yang kuat mengenai identitasnya. Bibit melalui iklan “Syabar Nabung di Bibit” bertujuan mengembangkan brand image Bibit dengan disebar di media sosial, salah satunya adalah Instagram. Pada penelitian ini, fokus dari penulis adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh terpaan iklan “Syabar Nabung di Bibit” terhadap pembentukan brand image Bibit. Penulis melakukan penelitian secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pengikut akun Instagram @bibit.id sebagai sampel. Melalui kuesioner tersebut, penulis mencoba untuk melihat tanggapan responden melalui dimensi durasi, frekuensi, dan durasi pada terpaan iklan dihubungkan ke dimensi strength of brand association, favorability of brand association, dan uniqueness of brand association yang akan dilihat pengaruh hasilnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada terpaan iklan “Syabar Nabung di Bibit” terhadap brand image Bibit. Hasil yang didapatkan dari uji model summary adalah sebesar 10,9% dan korelasi sebesar 0,330, sehingga pengaruh tersebut dikategorikan lemah. Dimensi terendah terdapat pada dimensi frekuensi dan rekomendasi dari penelitian ini adalah dengan membuat iklan dengan durasi maksimal 30 detik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan iklan, Brand image, Instagram, Bibit
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 01 Dec 2023 18:17
Last Modified: 01 Dec 2023 18:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30750

Actions (login required)

View Item View Item