PERENCANAAN DAN PEMODELAN KEBUTUHAN PARKIR UNIVERSITAS SEBAGAI PEMBAHARUAN PEDOMAN PERENCANAAN (Studi Kasus Pusat Pendidikan/Perguruan Tinggi Di Kota Yogyakarta)

Karnaen, Irfan Abdulhafizh (2023) PERENCANAAN DAN PEMODELAN KEBUTUHAN PARKIR UNIVERSITAS SEBAGAI PEMBAHARUAN PEDOMAN PERENCANAAN (Studi Kasus Pusat Pendidikan/Perguruan Tinggi Di Kota Yogyakarta). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Irfan Abdulhafizh Karnaen)
195103136_Bab 0.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195103136_Bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195103136_Bab 2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
195103136_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
195103136_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
195103136_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
195103136_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perparkiran merupakan masalah yang sering dijumpai dalam sistem transportasi perkotaan baik di kota kota besar maupun di kota yang sedang berkembang. Lahan parkir merupakan fasilitas yang diperlukan dalam bidang pendidikan untuk memenuhi kebutuhan parkir. Penyediaan fasilitas parkir untuk kampus sangat penting, karena akses menuju kampus seharusnya bebas hambatan dari kendaraan parkir dibadan jalan di sekitar kampus. Pedoman perencanaan fasilitas parkir sudah diatur dalam Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat namun acuan tersebut dapat dikatakan lampau untuk dijadikan pedoman, karena mengingat perkembangan jenis, tipe dan jumlah kendaraan bermotor berkembang begitu pesat, maka ukuran kebutuhan satuan ruang parkir setiap pusat kegiatan perlu di uji kembali, dalam hal ini peneliti mencoba melakukan penelitian pada pusat pendidikan/perguruan tinggi sebagai dasar yang bisa dijadikan acuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, dengan tahapan uji asumsi klasik (normalitas data, multikolinearitas dan heteroskedastisitas), koefisien determinasi, analisis koefisien regresi linier berganda dan uji signifikan (T dan F). Data yang digunakan adalah data primer dengan cara melakukan survei untuk mengambil data secara langsung dilokasi penelitian meliputi: akumulasi kendaraan, luas lahan parkir, jumlah satuan ruang parkir (SRP) hingga luas manuver dan data sekunder meliputi: jumlah mahasiswa, jumlah dosen, jumlah tenaga kependidikan disetap lokasi penelitian, kemudian dilakukan analisis persamaan permodelan kebutuhan satuan ruang parkir. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kebutuhan satuan ruang parkir yang signifikan antara pedoman dan hasil analisis, yang dapat ditarik kesimpulan pedoman fasilitas parkir sudah tidak relevan lagi dan perlu di uji kembali. Pemodelan parkir ditemukan model terbaik untuk menentukan kebutuhan satuan ruang parkir motor dan mobil pusat Pendidikan/Pergutuan Tinggi. Model terbaik untuk menentukan kebutuhan parkir motor Y=468,577 + 0,380x1 + -9,608x3 model ini menunjukan bahwa variabel jumlah mahasiswa (X1), jumlah tendik (X3) berpengaruh terhadap kebutuhan satuan ruang parkir motor (Y), nilai R2 sebesar 0,995 atau 99%. Model terbaik untuk menentukan kebutuhan parkir mobil Y=29,963 + 0,773x2 + 0,474x3 model ini menunjukan bahwa yang berpengaruh secara simultan terhadap kebutuhan satuan ruang parkir mobil (Y), adalah variabel jumlah dosen (X2) dan jumlah tendik (X3), nilai R2 sebesar 0,996 atau 99%. Rekomendasi tabel kondisi kebutuhan parkir pusat pendidikan/perguruan tinggi dapat dilihat pada tabel 5.38.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pemodelan, Standar Kebutuhan Parkir, Pusat Pendidikan / Perguruan Tinggi.
Subjects: Magister Teknik Sipil > Transportasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Feb 2024 19:56
Last Modified: 07 Feb 2024 19:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30980

Actions (login required)

View Item View Item