STRATEGI PESAN KAMPANYE UNTUK MENGEMBALIKAN KONSEP RIVALITAS ANTAR SUPORTER SEPAK BOLA (Kampanye Aksi Damai, Brajamusti, Brigata Curva Sud & Pasoepati)

D, Dionisius Arsa (2023) STRATEGI PESAN KAMPANYE UNTUK MENGEMBALIKAN KONSEP RIVALITAS ANTAR SUPORTER SEPAK BOLA (Kampanye Aksi Damai, Brajamusti, Brigata Curva Sud & Pasoepati). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Dionisius Arsa D)
170906172 0.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906172 1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906172 2.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
170906172 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
170906172 4.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang popular di Indonesia. Suporter menjadi salah satu elemen yang menambahkan sepakbola menjadi menarik untuk dinikmati. Brigata Curva Sud, Brajamusti dan pasoepati terkenal dengan rivalitas mereka baik didalam maupun diluar lapangan. Rivalitas ini sudah terbentuk sejak terpecahnya kerajaan Mataram Islam menjadi Kasultanan Mataram (Yogyakarta) dan Kasunanan Mataram (Surakarta). Dengan jumlah masa yang besar dan sejarah rivalitas yang panjang ketiga elemen supporter ini menjadi pihak yang pertama kali memberikan respon positif untuk berdamai pasca terjadinya trageri Kanjuruhan yang mengakibatkan Korban meninggal sebanyak 135 orang meninggal dan ratusan orang luka-luka. Penelitian ini membahas mengenai Strategi pesan Kampanye Untuk Menghindari Rivalitas Antar Suporter sepakbola terutama kepada tiga elemen Suporter Brajamusti, Brigata Curva Sud dan juga Pasoepati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan diambil dari wawancara yang dilakukan kepada pengurus dari Brajamusti, Brigata cuva Sud dan pasoepati yaitu Sekjen dari Brajamusti, Presiden dari Pasoepati, Presiden dari garsi keras 1923, dan salah satu pengurus dari Brigata Curva Sud Temuan data yang didapatkan dari penelitian ini adalah Brajamusti, Brigata curva Sud dan Pasoepati berkomitmen untuk menghilangkan rivalitas yang sifatnya negative dan destruktif dan ingin menumbuhkan semangat rivalitas yang positif pada setiap vi pertandingan sepakbola. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pesan non-verbal memiliki peran yang dominan dimana pengguanaan simbol-simbol non-verbal menjadi fokus yang mendorong agar kampanye berlangsung efektif sedangkan pesan verbal berupa # MataramIsLove menjadi identitas dan juga nyawa dari kampanye ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Supporter, Rivalitas, Strategi pesan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 07 Feb 2024 20:30
Last Modified: 07 Feb 2024 20:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30985

Actions (login required)

View Item View Item