PRODUKSI KONTEN CYBERBULLYING PADA FENOMENA “HUJAT OTOMOTIF” DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HALAMAN JUDUL

SUSENO, IGNASIUS MAGNIS (2023) PRODUKSI KONTEN CYBERBULLYING PADA FENOMENA “HUJAT OTOMOTIF” DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HALAMAN JUDUL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (IGNASIUS MAGNIS SUSENO)
180906581 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
180906581 1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
180906581 2.pdf

Download (606kB)
[img] Text
180906581 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
180906581 4.pdf

Download (462kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi memberi dampak besar bagi manusia dalam hal berkomunikasi. Hal ini ditandai oleh munculnya berbagai media sosial, diantaranya yaitu Instagram. Seiring dengan berkembangnya media sosial, muncul perilaku yang merugikan orang lain salah satunya adalah cyberbullying. Adanya tindakan cyberbullying menjadi suatu fenomena yang penting untuk dibahas dan diteliti. Pada penelitian ini, peneliti membahas perilaku cyberbullying terhadap fenomena hujat otomotif dengan menggali bentuk dan produksi kontennya di media sosial Instagram. Dalam penelitian ini, konteks perilaku cyberbullying terjadi pada akun-akun hujat otomotif. Akun “hujat otomotif” sendiri merupakan akun-akun yang menghina, merendahkan, dan menghasut pada kualitas produk-produk kendaraan bermotor tertentu, jenis modifikasi pada suatu kendaraan tertentu yang dinilai tidak sesuai atau tidak layak, dan perilaku dari orang-orang yang seringkali melakukan tindakan ugalugalan dan membahayakan pengguna jalan lainnya ketika sedang berkendara. Adapun tindakan menghina, merendahkan, dan menghasut tersebut dilakukan melalui konten yang diunggah pada masing-masing akun hujat otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara dari beberapa narasumber yakni admin dan pengelola akun Instagram hujat otomotif. Selain itu, metode observasi juga digunakan untuk melakukan pengamatan dan pencatatan terkait produksi konten cyberbullying pada fenomena hujat otomotif. Objek penelitian adalah akun-akun Instagram yang memuat unggahan hujat otomotif serta terdapat tiga komponen analisis data yakni reduksi data, penyajian data hingga menarik kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil temuan data serta analisis, terdapat unsur tindakan cyberbullying pada konten-konten yang diunggah oleh akun hujat otomotif. Bentuk tindakan cyberbullying berupa harassment, denigration, dan flaming. Tindakan-tindakan cyberbullying ini dilakukan melalui konten yang diunggah dalam bentuk caption, foto, maupun video. Selain itu, tindakan cyberbullying yang dilakukan menyebabkan kerugian langsung maupun tidak langsung. Pembuatan akun hujat otomotif juga didasari oleh berbagai macam hal seperti adanya keresahan terhadap perilaku berkendara yang berbahaya dan merugikan orang lain, serta kurangnya kualitas produk kendaraan yang dibuat oleh produsen manufaktur sepeda motor sehingga menimbulkan keluhan di masyarakat. Cyberbullying melalui akun hujat otomotif telah menjadi komoditas sehingga perilakunya sulit untuk dihentikan. Melalui akun hujat otomotif, tindakan cyberbullying dilakukan oleh pengelola akun untuk memperoleh keuntungan ekonomi seperti menjalin kerjasama antar akun, meningkatkan popularitas akun dan konten yang diunggah, hingga memperoleh peluang endorsement dari pihak lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: produksi konten, cyberbullying, hujat otomotif, Instagram
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 12 Feb 2024 20:35
Last Modified: 12 Feb 2024 20:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31008

Actions (login required)

View Item View Item