PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERLANGGANAN AKUN WETV (Studi Eksplanatif pada User Platform Streaming Video Online)

HERIKUSUMA, ATANASIUS ALVYN (2023) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERLANGGANAN AKUN WETV (Studi Eksplanatif pada User Platform Streaming Video Online). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ATANASIUS ALVYN HERIKUSUMA)
180906740 0.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906740 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906740 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
180906740 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
180906740 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image terhadap keputusan berlangganan WeTV oleh user platform streaming video online di WeTV Indonesia. WeTV merupakan sebuah platform streaming video online yang menyediakan layanan berbasis aplikasi dan website milik perusahaan teknologi yang berasal dari negara China yaitu Tencent. WeTV melakukan ekspansi ke Indonesia pada akhir tahun 2019 karena meningkatnya popularitas dari konten video bergenre drama asia. Brand image dapat diukur tingkat pengaruhnya dengan menggunakan 8 indikator diantaranya popularitas perusahaan, kredibilitas perusahaan, jaringan perusahaan, gaya hidup, status sosial, atribut produk, manfaat produk dan jaminan kualitas. Brand image merupakan suatu persepsi atau kesan yang muncul pada pikiran dan benak konsumen dalam mengenali suatu merek tertentu, yang terbentuk melalui pengalaman dan pesan konsumen mengenai merek sehingga memunculkan citra yang terdapat dalam pikiran dan benak dari konsumen (Kotler dan Keller, 2016). Perilaku konsumen memiliki tujuan akhir yaitu pada pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian dari konsumen yang dapat dilihat dari pemilihan produk, pilihan merek, pilihan penyalur/distributor, waktu pembelian, jumlah pembelian dan metode pembayaran. Penelitian ini dapat dikategorikan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden yang merupakan user platform streaming video online dari WeTV. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji pernyataan yang ada pada kuesioner adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak dari aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah semakin positif brand image dari WeTV sebagai perusahaan penyedia layanan streaming video online, maka akan semakin mendorong keputusan pembelian untuk berlangganan pada WeTV oleh user platform streaming video online WeTV yang artinya variabel X memberikan pengaruh terhadap variabel Y. Besaran pengaruh yang diberikan oleh variabel X yaitu brand image terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian sebesar 81,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Keputusan Pembelian, WeTV, User Platform Streaming Video Online
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Feb 2024 17:35
Last Modified: 15 Feb 2024 17:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31046

Actions (login required)

View Item View Item