Pengaruh Terpaan Informasi di Media Sosial terhadap Partisipasi Politik (Studi Kuantitatif Deskriptif Pengaruh Terpaan Informasi Insidental maupun Intensional tentang kasus Mario Dandy di Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Yogyakarta)

SILABAN, JACK NICOLAS (2024) Pengaruh Terpaan Informasi di Media Sosial terhadap Partisipasi Politik (Studi Kuantitatif Deskriptif Pengaruh Terpaan Informasi Insidental maupun Intensional tentang kasus Mario Dandy di Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (JACK NICOLAS SILABAN)
180906758 0.pdf

Download (815kB)
[img] Text
180906758 1.pdf

Download (535kB)
[img] Text
180906758 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
180906758 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
180906758 4.pdf

Download (437kB)

Abstract

Kasus Mario Dandy menjadi viral pada bulan Februari 2023 dan sempat menjadi topik hangat di media sosial. Dampak yang ditimbulkan warganet yang diterpa dengan informasi di media sosial melakukan doxing secara mendalam hingga dapat menyudutkan polisi untuk menangkap Mario Dandy. Terpaan informasi yang dibedakan menjadi terpaan informasi insidental dan intensional memiliki andil dalam kejadian ini. Maka dari itu, penelitian ini akan meneliti tentang pengaruh terpaan informasi insidental maupun intensional terhadap partisisipasi khususnya partisipasi politik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur besarnya pengaruh terpaaan informasi insidental maupun intensional terhadap partisipasi politik. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Responden penelitian ini adalah mahasiswa yang berasal dari sepuluh universitas dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling, yaitu purposive sampling. Peneliti menggunakan skala Likert dan Guttman dalam penelitian ini. Data yang didapatkan diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 26. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, pengaruh terpaan informasi di media sosial terhadap partisipasi politik adalah 1,096. Penelitian ini juga mendapatkan hasil dari koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.288, artinya terpaan informasi di media sosial memberikan pengaruh sebanyak 28,8% terhadap partisipasi politik. Tingkat pengaruh tersebut dianggap kecil karena pengaruh terpaan informasi kurang dominan terhadap partisipasi politik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Informasi, Partisipasi Politik, Mario Dandy, Media Sosial
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 15 Feb 2024 19:30
Last Modified: 15 Feb 2024 19:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31054

Actions (login required)

View Item View Item