ANALISIS EFEKTIVITAS SOCIAL COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN

Sugianto, Victoria Angela (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS SOCIAL COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Victoria Angela Sugianto)
225312019_Bab 0.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225312019_Bab 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
225312019_Bab 2.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
225312019_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
225312019_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
225312019_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img]
Preview
Text
225312019_Bab 6.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Social Commerce merupakan suatu platform jual – beli yang memiliki kemampuan menyediakan informasi terkait produk atau jasa yang dibutuhkan oleh calon pembeli yang dapat mempengaruhi perilaku pembelian. Pada bulan Januari tahun 2023 diperkirakan jumlah pengguna aktif internet mencapai 212.900.000 juta orang. Berdasarkan informasi tersebut membuktikan bahwa banyak penjual yang telah menggunakan social commerce dalam memasarkan produknya. Hal tersebut dikarenakan adanya kepercayaan terhadap social commerce yang dirasa mampu meningkatkan penjualannya. Maka dari itu, perlu dilakukan adanya suatu penelitian yang membahas mengenai analisis efektivitas social commerce dalam pemasaran suatu produk. Berdasarkan permasalahan yang ada, pada penelitian ini menggunakan model TAM untuk menganalisis dan purposive sampling dalam pengumpulan datanya. Penelitian ini memodifikasi dengan mengurangi faktor Attitude Toward Using dan Actual System Use dan menambahkan variabel eksternal impulsive characteristics , hedonism motivation, dan subjective norm pelanggan dan faktor moderasi berupa usia, jenis kelamin, dan pengalaman menggunakan Social Commerce. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model TAM masih memiliki pengaruh besar pada minat pembelian melalui social commerce, kemudian faktor Hedonisme Motivation memiliki pengaruh langsung pada minat beli, selain itu faktor Subjective Norm dan Impulsiveness memiliki pengaruh tidak langsung pada minat beli.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hedonism Motivation, Impulsive Characteristics, SEM Analysis, Social Commerce, TAM Model
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Feb 2024 20:07
Last Modified: 15 Feb 2024 20:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31057

Actions (login required)

View Item View Item