STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Program CSR Urban Farming)

HERMAWAN, WULAN SETYAWATI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Program CSR Urban Farming). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (WULAN SETYAWATI HERMAWAN)
190906826 0.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906826 1.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906826 2.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
190906826 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906826 4.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi CSR Kompas Gramedia dalam memberdayakan masyarakat melalui program CSR Urban Farming. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus yang memanfaatkan metode wawancara, observasi, serta studi dokumen dalam proses pengumpulan datanya. Wawancara dilakukan bersama dengan tiga pihak yakni Kompas Gramedia, Salam Rancage, dan masyarakat untuk mendapatkan pandangan secara objektif. Hasil penelitian ini yakni terdapat tujuh tahapan proses menuju pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Kompas Gramedia. Dalam setiap tahapannya, Kompas Gramedia berupaya untuk melibatkan masyarakat sehingga program yang dibentuk nantinya menjadi program yang mampu dimiliki masyarakat dan tepat sasaran. Namun dalam implementasinya, dalam pengambilan keputusan masih didominasi oleh Kompas Gramedia sebagai perusahaan. Saat ini, Kompas Gramedia masih dalam upaya untuk menuju pada terminasi program dengan membenahi berbagai kekurangan yang ada. Lebih lanjut, dalam memperkenalkan Urban Farming kepada masyarakat sekitar, Kompas Gramedia memutuskan untuk membuat program lain yang berkesinambungan dengan alam maupun Urban Farming. Hal ini merupakan strategi yang dilakukan untuk membantu masyarakat dalam beradaptasi, memahami, serta mengenali lingkungan tempat tinggal mereka. Dalam menjalankan program CSR Urban Farming, ditemukan bahwa hubungan dan komunikasi yang dilakukan antara Kompas Gramedia dan masyarakat berada pada kuadran “involving”, yakni dengan kepemilikan tinggi namun pemberdayaan yang rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, CSR, Urban Farming, Pemberdayaan, Partisipasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 16 Feb 2024 19:24
Last Modified: 16 Feb 2024 19:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31072

Actions (login required)

View Item View Item