STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ADITV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI TELEVISI LOKAL DI YOGYAKARTA

YORANITA, RABEKA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ADITV DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEBAGAI TELEVISI LOKAL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RABEKA YORANITA)
190906847 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906847 1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906847 2.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
190906847 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906847 4.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

ADiTV merupakan televisi lokal Islami yang berada di Yogyakarta. ADiTV sebagai televisi memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi kepada publik dan memastikan memberikan asupan tayangan seputar budaya lokal. Untuk menjaga hal tersebut, ADiTV harus terus mempertahankan eksistensinya. Namun, persaingan yang semakin ketat dalam industri media massa terlebih di era digital membuat ADiTV sebagai televisi lokal perlu untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat. ADiTV merasakan persaingan yang ketat, baik sesama televisi lokal, televisi nasional, media massa lainnya, hingga pengguna internet. ADiTV terus berusaha bertahan di tengah ketatnya persaingan industri media massa dan berbagai kemajuan yang ada. Keberlangsungan perusahaan ini berangkat dari strategi pemasaran yang dilakukan ADiTV dengan tepat. Dalam hal ini, ADiTV menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu sebagai langkah dalam mempertahankan eksistensinya. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran terpadu ADiTV dalam mempertahankan eksistensinya sebagai televisi lokal di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti memperoleh data dari dokumentasi dan wawancara yang dilakukan kepada tiga narasumber yang menjadi bagian dalam tim marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini menjadi aspek penting dalam proses keberlanjutan perusahaan. Dalam hal ini, ADiTV menerapkan tahap perencanaan dengan menganalisis masalah, khalayak, media, dan tujuan komunikasi. ADITV menerapkan tujuh elemen komunikasi pemasaran terpadu, yakni advertising, public relation, pemasaran interaktif, personal selling, direct marketing, sales promotion, dan eWOM. Adapun, evaluasi dilakukan sebagai langkah untuk mengembangkan seluruh elemen komunikasi pemasaran terpadu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Strategi Komunikasi, Eksistensi.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 19 Feb 2024 18:17
Last Modified: 19 Feb 2024 18:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31088

Actions (login required)

View Item View Item