ANALISIS MOTIVASI HIBURAN PADA PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL TIKTOK MENGGUNAKAN METODE HEDONIC MOTIVATION SYSTEM ADAPTION MODEL

Arthajanvian, Theovano (2024) ANALISIS MOTIVASI HIBURAN PADA PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL TIKTOK MENGGUNAKAN METODE HEDONIC MOTIVATION SYSTEM ADAPTION MODEL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Theovano Arthajanvian)
191710434_Bab 0.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710434_Bab 1.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710434_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
191710434_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text
191710434_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
191710434_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tiktok merupakan aplikasi media sosial berbasis audio visual yang memungkinkan penggunanya melihat dan mendengar suatu user-generated content. Di Indonesia, Tiktok menjadi media sosial yang sangat populer dapat dibuktikan dengan perkembangan penggunanya yang cukup pesat dibandingkan dengan kompetitornya pada tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor hedonis yang mempengaruhi penggunaan aplikasi media sosial Tiktok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hedonic Motivation System Adaption Model, dengan mengambil sampel responden sebanyak 123 orang. Dalam mengolah data kuisioner, penelitian ini menggunakan metode regresi linear sederhana.Hasil dari penelitian ini menguji hipotesis yang membuktikan bahwa variabel curiosity, dan joy memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel focused immersion sedangkan untuk variabel behavioral intention to use, variabel yang berpengaruh positif dan signifikan ialah curiosity, joy, dan control. Dapat disimpulkan rasa penasaran dan perasaan senang yang diperoleh oleh pengguna media sosial Tiktok dapat membuat pengguna merasa terlarut dalam aplikasi media sosial Tiktok, serta rasa penasaran, senang, dan kemampuan pengguna untuk megendalikan setiap fitur, konten, dan interaksi yang dapat dilakukan di media sosial Tiktok membuat penggunanya merasa ingin menggunakan aplikasi media sosial Tiktok secara terus menerus. Pengujian motivasi hiburan untuk menilai nilai hedonis aplikasi media sosial Tiktok harus dilakukan dengan metode yang lain supaya hasil yang diperoleh dapat mencakup lebih luas aspek yang tidak tercakup di dalam metode Hedonic Motivation System Adaption Model, dengan demikian hasil yang diberikan dapat lebih akurat

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hedonic Motivation System Adaption; Hedonis; Tiktok; Regresi Linear Sederhana
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Feb 2024 17:56
Last Modified: 20 Feb 2024 17:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31117

Actions (login required)

View Item View Item