PERSEPSI KECANTIKAN FOLLOWERS PEREMPUAN DI AKUN INSTAGRAM @ugmcantik

GUELLERMO, MICHAEL ROOD (2023) PERSEPSI KECANTIKAN FOLLOWERS PEREMPUAN DI AKUN INSTAGRAM @ugmcantik. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (MICHAEL ROOD GUELLERMO)
190906900 0.pdf

Download (815kB)
[img] Text
190906900 1.pdf

Download (707kB)
[img] Text
190906900 2.pdf

Download (627kB)
[img] Text
190906900 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
190906900 4.pdf

Download (743kB)

Abstract

Kecantikan adalah hal yang tidak bersifat universal di semua tempat melainkan kecantikan adalah hal yang bersifat kontekstual, spasial, dan berbeda-beda berdasarkan pemikiran atau pengetahuan yang ada, diyakini, atau diterima oleh suatu masyarakat. Setiap individu memiliki keberagaman dalam menafsirkan sebuah objek diluar dirinya. Demikian juga dalam mempersepsikan kecantikan perempuan, manusia dipengaruhi oleh berbagai macam faktor pembentuk persepsi yang bersifat subjektif, seperti pengalaman personal, latar belakang etnisitas, significant others, dan lain sebagainya. Melalui penelitian ini yang berjudul “Persepsi Kecantikan Followers Perempuan Di Akun Instagram @ugmcantik” peneliti memfokuskan kajian kepada followers perempuan di Instagram @ugmcantik tentang bagaimana mereka mempersepsikan kecantikan setelah mengkonsumsi unggahan-unggahan di akun tersebut. Dalam temuan data menyebutkan bahwa para narasumber memiliki banyak perbedaan persepsi yang bersifat subjektif dalam menafsirkan kecantikan perempuan di akun Instagram@ugmcantik karena setiap persepsi narasumber telah dibangun oleh latar belakang dari masing-masing individu. Meskipun demikian mayoritas narasumber menghargai adanya perbedaan persepsi dalam memandang kecantikan perempuan dengan asumsi bahwa persepsi merupakan hal yang beragam dan unik bagi setiap orang termasuk juga bagi para followers atau narasumber penelitian yang mesti dihargai keberadaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kecantikan, Followers, Perempuan, Kebudayaan, dan Instagram
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 23 Feb 2024 18:49
Last Modified: 23 Feb 2024 18:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31174

Actions (login required)

View Item View Item