STRATEGI KOMUNIKASI PADA KAMPANYE SWITCH OFF “THE BIGGEST HOUR FOR EARTH” (Studi Kasus Kampanye Switch Off Tahun 2023 pada Komunitas Earth Hour di Yogyakarta)

DINI, GABRIELLE TREISYELA (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PADA KAMPANYE SWITCH OFF “THE BIGGEST HOUR FOR EARTH” (Studi Kasus Kampanye Switch Off Tahun 2023 pada Komunitas Earth Hour di Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (GABRIELLE TREISYELA DINI)
190906919 0.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906919 1.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906919 2.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
190906919 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906919 4.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Perubahan iklim saat ini menjadi fenomena alam yang disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Namun, pemicu utama perubahan iklim adalah aktivitasaktivitas manusia, sehingga dibutuhkan kesadaran dan partisipasi manusia dalam menangani fenomena perubahan iklim. Komunitas Earth Hour Jogja mengadakan kampanye switch off 2023 sebagai upaya untuk menangani permasalahan lingkungan dengan menargetkan anak muda. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi komunitas Earth Hour Jogja dalam kampanye switch off 2023 untuk memberikan kesadaran anak muda terhadap gaya hidup penghematan energi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi publik, strategi komunikasi, dan kampanye. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada ketua kampanye, koordinator divisi public relation, volunteer divisi public relation, dan tamu undangan yang hadir dalam kampanye switch off 2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi komunitas Earth Hour Jogja dalam kampanye switch off tahun 2023 yaitu memilih dan menetapkan komunikator, menetapkan khalayak, mengelola pesan, dan memilih saluran dan media komunikasi. Strategi komunikasi yang dilakukan memberikan kesadaran terhadap gaya hidup anak-anak muda untuk menghemat energi dan hidup ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Publik, Strategi Komunikasi, Switch off 2023, Perubahan Iklim.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 23 Feb 2024 20:06
Last Modified: 23 Feb 2024 20:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31184

Actions (login required)

View Item View Item