TANGGAPAN AUDIENS MENGENAI KONTEN MENGEMIS ONLINE PADA LIVE TIKTOK (Studi Analisis Tanggapan Audiens Mengenai Konten Mengemis Online Aksi Berenang di Empang pada Live TikTok Akun @sakty_99)

MARTEVALENIA, BENEDIKTA AVE (2024) TANGGAPAN AUDIENS MENGENAI KONTEN MENGEMIS ONLINE PADA LIVE TIKTOK (Studi Analisis Tanggapan Audiens Mengenai Konten Mengemis Online Aksi Berenang di Empang pada Live TikTok Akun @sakty_99). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (BENEDIKTA AVE MARTEVALENIA)
190906958 0.pdf

Download (761kB)
[img] Text
190906958 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
190906958 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
190906958 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
190906958 4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena Live TikTok menjadi cukup populer dengan tidak hanya berfokus pada satu aktivitas saja yaitu berjualan, ada sebagian dari pengguna yang hanya sebatas hiburan saja. Beberapa pengguna Live TikTok menyalahgunakan fungsi dari Live TikTok, salah satunya fenomena mandi lumpur. Meski sudah ditegur oleh Menteri Sosial, namun tidak membuat jera akun @sakty_99 yang membuat konten serupa yaitu konten mengemis online aksi berenang di empang pada live TikToknya. Fenomena mengemis online tersebut juga dirasa miris karena secara terangterangan meminta belas kasih orang lain secara daring. Para penonton live dengan senang hati memberi gift yang bisa ditukar dengan uang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tanggapan audiens mengenai konten mengemis online aksi berenang di empang pada Live TikTok akun @sakty_99. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berfokus pada respons kognitif audiens. Respons pada penelitian ini berupa tanggapan audiens yang diteliti secara kualitatif karena setiap audiens diasumsikan memiliki pengalaman subjektif terhadap konten mengemis online aksi berenang di empang pada live TikTok akun @sakty_99. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada empat informan. Hasil penelitian ini merujuk pada respons kognitif yang berasal dari pemikiran subjektif seseorang yang berupa tanggapan audiens. Audiens menanggapi konten @sakty_99 dengan suka dan tidak suka serta setuju dan tidak setuju. Sehingga keempat informan (audiens) menyatakan konten berenang di empang pada live TikTok akun @sakty_99 merupakan konten minta-minta atau mengemis secara online. Hal tersebut berdasarkan pada latar belakang tingkat pendidikan dan pengalaman sehar-hari keempat informan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audiens, Gift, Live TikTok, Mengemis Online, Respons Kognitif, Tanggapan
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 28 Feb 2024 21:47
Last Modified: 28 Feb 2024 21:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31254

Actions (login required)

View Item View Item