PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP BRAND IMAGE YANG DIMODERASI OLEH KONTEKS SITUASIONAL PADA MEREK BLOOMERY PATISSERIE

Puspasari, Priscilia Erlina (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP BRAND IMAGE YANG DIMODERASI OLEH KONTEKS SITUASIONAL PADA MEREK BLOOMERY PATISSERIE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Priscilia Erlina Puspasari)
19 03 24886 0.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 03 24886 1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 03 24886 2.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
19 03 24886 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
19 03 24886 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
19 03 24886 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Informasi e-WOM yang ada di internet harus diperhatikan oleh perusahaan. Jika e-WOM dapat dipercaya dan berisi informasi positif dapat menciptakan brand image yang baik. Banyak cara untuk meningkatkan brand image dari segi informasi e-WOM, salah satunya yaitu dengan memperhatikan kredibilitas dan kualitas dari e-WOM. Ketika kredibilitas e-WOM terjamin dan kuantitas e-WOM memberikan kemudahan bagi seseorang saat mencari informasi, kemungkinan besar pelanggan tersebut akan memiliki pandangan baik terhadap suatu brand. Menciptakan brand image dapat dilakukan dengan banyak cara selain dari e-WOM, misalnya dari segi konteks situasional. Adanya situasi atau momentum tertentu berpengaruh pada sistem penyebaran informasi di internet. Penelitian ini bertujuan melihat dan mengetahui pengaruh dari kredibilitas e-WOM terhadap brand image, pengaruh kuantitas E-Wom terhadap brand image, dan pengaruh kredibilitas e-WOM terhadap brand image yang dimoderasi oleh konteks situasional, dan pengaruh kuantitas e-WOM terhadap brand image yang dimoderasi oleh konteks situasional pada merek Bloomery Patisserie. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan kuesioner kepada pelanggan Bloomery Patisserie dengan menggunakan beberapa ketentuan diantaranya mengetahui merek atau produk Bloomer Patisserie, pernah membeli produk Bloomery Patisserie, Memiliki akun media sosial berupa instagram atau tiktok, pernah mengakses informasi mengenai Bloomery Patisserie ataupun mengakses akun media sosial milik Bloomery Patisserie. Adapun metode pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis regresi moderasi, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dan positif kredibilitas e-WOM terhadap brand image pada merek Bloomery Patisserie, adanya pengaruh signifikan dan positif kuantitas e-WOM terhadap brand image Bloomery Patisserie, konteks situasional tidak memoderasi hubungan antara kredibilitas e-WOM dengan brand image pada Bloomery Patisserie, dan terakhir konteks situasional memoderasi hubungan antara kuantitas e-WOM dengan brand image pada merek Bloomery Patisserie.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth (e-WOM), Kredibilitas e-WOM, Kuantitas e-WOM, Brand Image, Konteks Situasional.
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 29 Feb 2024 19:02
Last Modified: 29 Feb 2024 19:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/31267

Actions (login required)

View Item View Item